Gir depan, part sepeda motor yang sering luput dari pengawasan

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 .. Sepeda motor yang berjenis motor bebek dan motor sport pasti memiliki part yang namanya gir depan. Gir depan atau roda gigi bagian depan yang berfungsi menggerakan rantai kegir belakang dan roda belakang. Diameter gir depan umumnya lebih kecil dibandingkan gir belakang.

Gear depan RXz

parts ini karena posisinya yang “tersembunyi” serta tertutup cover gir, menjadikannya sering luput dari pengawasan. kususnya bagi pemotor awam dan pemotor yang malas merawat tunggangannya alias taunya cuman make doang. Menurut yudibatang, gir sepeda motor menjadi cepat aus dan kurang awet dikarenakan tidak diolesi dengan pelumas rantai serta penyetelan rantai yang kurang pas.  yang kedua ya, memang sudah waktunya ganti.

1525095_1399673807026859_8744244981525245312_n

Efek yang akan terjadi bila kita terlambat mengganti gir sepeda motor yang sudah aus, maka rantai motor akan mudah terlepas dan motorpun jadi nggak bisa jalan. Apalagi kalau rantainya lepas dibagian gir depan, wis bikin bingung yang punya motor. lha wong dilihat dari rantai bagian gir belakang tidak lepas, mesin juga menyala, tapi motor nggak mau jalan. Jawabnya ya harus dibuka cover gir depan dan dibetulkan dulu posisi rantainya. baru motor bisa jalan lagi.

Lebih baik kalau kita mau mengganti gir sepeda motor, gantilah satu set sekalian. yaitu gir depan, gir belakang dan rantainya seklian.

 

Semoga berguna 😀

2 Komentar

  1. klo menurut saya ganti rantai karena aus sudah terpakai lama tidak satu set sama girnya hampir sama dengan service tidak ganti oli.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.