Mengapa penjual onderdil bekas disebut kampakan

kampakan

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 …. Kampakan . Kali ini artikel tentang Motuba alias mobil tua bangka. Ada yang bilang memelihara motuba itu bikin repot dan bikin pusing, karena “sidikit-sedikit dandan” alias sering minta “jajan”. Namun bagi yang menggemari motuba disitulah seni dan tantangannya memelihara motuba. Dengan problem yang sering muncul, umumnya pemilik motuba pengetahuan dan skil “oprek sendirinya” lebih bagus dibanding pemilik mobil baru. Dan rasa “paseduluran”yang terjalin antara sesama pemilik motuba sejenis menjadi lebih erat. Maka sering kita melihat komunitas motuba yang para anggotanya saling membantu pada sesama rekan pemilik motuba tersebut bila menemui masalah atau musibah, baik didunia maya maupun didunia nyata.

06

Nah…salah satu permasalahan yang sering ditemui pemilik motuba adalah masalah spare part yang kadang sudah nggak beredar dipasaran. Solusinya ya hunting atau berburu ketoko onderdil bekas atau kampakan. Nah..kenapa toko onederdil bekas disebut kampakan ? menurut yudibatang ini dia alasannya :

Mengapa disebut kampakan

kampakan 1

1. Biasanya pemilik motuba yang sudah malas merawat motubanya karena masalah teknis yang sudah akut atau masalah dokumen yang ribet. Pemilik motuba tersebut akan menjual motubanya kepada “pedagang onderdil” secara kiloan. Saya mengetahui hal ini waktu saya masih bekerja sebagai QC furniture. Salah satu pemilik perusahaan furniture dicirebon menjual cerry bagongnya yang trouble terus kepada pedagang onderdil bekas seharga 4 juta saja. sipedaganpun membawa cerry bagong tersebut dengan cara diderek.

2. Selanjutnya part-part cerry bagong tersebut “dipreteli” dan dijual terpisah. Misal ban, pelek, kaki-kaki, mesin, radiator, gardan, dasbor, kaca, spion dlll dilepas dan dijual eceran. Ini sudah termasuk dinamakan dikampak alon-alon .

kampakan 2

3. Setelah semua sudah dilepas, tinggal chasis doang lalu chasis ini dikampak!! maksudnya sasis dipotong-potong dan dijual kiloan. ada yang motongnya menggunakan gerindar potong, ada yang menggunakan gergaji besi ada pula yang benar-benar menggunakan kampak. Nah.. akhirnya untuk memudahkan dan menyederhanakan menyebut toko onderdil mobil bekas, sebagian pemburu onderdil bekas menyebutnya dengan kata ” kampakan ” he..he…

kampakan 6kampakan 3

begitulah sejarah ” kampakan “. Biasanya hampir disetiap kota kabupaten terdapat satu pasar kampakan atau pasar khusus yang menjual onderdil bekas ini. Kalau disemarang yang terkenal adalah barito, kalo dipekalongan depan matahari pekalongan, kalau dicirebon seberang terminal cirebon masuk lagi sekitar 2km. dan lain-lain   😀

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

5 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Tips membeli suku cadang motor/mobil dipasar loak agar tidak “kejeglos”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.