Baru tahu, bahan tangki motor Ducati diavel terbuat dari Titanium

Halo brother biker 😀 …. Salah satu produk Sepada motor Ducati adalah Ducati Diavel atau julukannya Motor iblis.Mesin Ducati yang sudah menggunakan fule injection (FI) ini bisa memberikan asupan tenaga 162 hp pada 9.500 rpm dan torsi 127,5 Nm pada 8.000 rpm. Yang tak kalah penting lagi adalah top speed Diavel yang bisa mencapai 250km/jam.

1-Diavel-008

Terlepas dari speknya , ternyata material atau bahan metal untuk komponen tangki Ducati Diavel ini terbuat dari titanium!! Gile bener!! Konon Titanium itu harganya lebih mahal dari Emas. Bicara tangki jadi ingat kasus tangki bocor yang pernah heboh beberapa tahun yang lalu, yang pada akhirnya pemilik tangki bocor ini harus menambal dengan cara dilas atau dipatri.

CIK6ZJwUwAA04ay

Namun kalau bahan Tangkinya terbuat dari Titanium seperti tangki Ducati diavel, nggak bakalan bisa dipotong pake gergaji. Motongnya  harus pake sinar laser!!

Berikut keunggulan Titanium dibandingkan Almunium menurut mbah wikipedia :

  • Salah satu karakteristik Titanium yang paling terkenal adalah dia sama kuat dengan baja tapi hanya 60% dari berat baja.
  • Kekuatan lelah (fatigue strength) yang lebih tinggi daripada paduan aluminium.
  • Tahan suhu tinggi. Ketika temperatur pemakaian melebihi 150 C maka dibutuhkan titanium karena aluminium akan kehilangan kekuatannya secara nyata.
  • Tahan korosi. Ketahanan korosi titanium lebih tinggi daripada aluminium dan baja.
  • Dengan rasio berat-kekuatan yang lebih rendah daripada aluminium, maka komponen-komponen yang terbuat dari titanium membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibanding aluminium
About yudibatang 2200 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.