Yamaha RZR 135, motor sport eksotis dan bikin ngiler dijamannya

Yamaha RZR135

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Kembali menulis motor sport jadul era 90an. Kali ini motor sport full fairing lokal produksi yamaha ditahun 1988-1991, namanya yamaha RZR 135. Nah..kebetulan rekan yudibatang yaitu Bro Udhi yang suka mengoleksi motor-motor sport lawas, masih “memlihara” satu ekor Yamaha RZR 135.         Melihat motor ini, memori saya langsung melayang saat jaman masih SMA. Saat itu tahun 1993, ada satu teman SMA yang memiliki motor ini. Dan sepertinya hanya dia seorang pemilik yamaha RZR 135 diwilayah kabupaten Tegal!! Sekedar info, populasi sepeda motor ditahun segitu tidak seperti jaman sekarang, yang “kemriyek” kaya ikan teri. Tahun 90an hanya orang-orang tertentu yang sanggup memiliki motor yang eksotis.

yamaha RZR Jawa Timur 3

Salah satunya teman yudibatang yang bernama Ardi yang bapaknya bekerja sebagai pejabat pemerintahan. Jian!! ini motor tampang dan desainnya (saat itu) , benar-benar kereeen dan bikin ngiler!! dengan desain body yang non mainstrean, body full fairing yang sporty, buritan melancip, stang jepit, foot step racing, motor ini benar-benar sporty dan keren dijamannya. Sang pemilik motor ini walau tampangnya biasa saja, tapi sanggup meluluhkan hati cewek cantik idola saat itu. hwuasseemmm!! Saat itu saya pernah menjajal, tapi nggak berani kenceng-kenceng bro, takut jatuh dan “ketempuhan”!!

yamaha RZR Jawa Timur 1

Motor ini sekarang populasinya sudah sangat langka sekali, hampir sepuluh tahun saya riding wara-wiri Batang-Semarang, Batang- Cirebon, tidak pernah ketemu dengan penampakan motor ini. Misalkan adapun, kondisinya sudah memprihatinkan. Beda dengan Yamaha RZR koleksi Bro Udhi dari jawa timur, masih muyus dan kintjlong!! 😀

yamaha RZR Jawa Timur

spesifikasi Yamaha RZR 135 adalah: mesin two stroke 133cc, berpendingin udara, power maksimal 20ps pada 7500rpm, Bore x stroke 56 x 54mm, Rasio kompresi 7:1, transmisi 6 percepatan, kopling manual tipe basah, kapasitas tangki bahan bakar 13liter, kapasitas oli samping 1,2lite, shockbreaker depan teleskopik sedangkan shockbreaker belakang dual shock menggunakan sistem pengontrol rebound gas bertabung, rem depan cakram dan rem belakang tromol. Berat total motor 106kg, dan katanya sihhhh dari para penggunanya, motor ini sanggup digeber sampai batas kecepatan 140kph bahkan lebih dalam kondisi mesin standar pabrikan….hmmmm cukup ketjang untuk ukuran motor sport lokal pada waktu itu.

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

12 Komentar

  1. Tahun 2000-an saya pernah cari motor ini, sayangnya nyari berminggu2 di Jakarta, liat kesana kemari masuk2 gang sampe capek dan putus asa, nggak ketemu yg kondisi memuaskan.
    Berhubung perlu transportasi, akhirnya beli MegaPro.

  2. iy ne mtr mmng legend bgt tetangga prnh punya yg wrn ijo, ane jg kangen dgn masa jaya 2tak, dl cari footstep dpn rxz buat dipasang di fizr 2000 merah ane yg semi full clucth hehehe..inget Tzm 150,yamaha 125z,yamaha touch,wlo cm sbntr eksisnya. tornado gs,force one suzuki crystal ahhhh masa yg paling indah adlh era 2 tak

  3. WOW… saya wajib nimbrung nih kl artikel ginian, hehehe… Saya SMAnya di era akhir 80an. Motor2 2 tak emang kendaraan saya wkt itu. RZR blm pernah punya, tp RXZ pernah 3 kali punya. Yg pertama beli thn 1990, baru pake 3 bln udah hilang digondol maling, mana baru ganti velg racing tuh, hiks….. Emang susah hidup di Jakarta, sopir truk aja bisa kepikiran jadi maling kl ada kesempatan. Pas hbs bongkar muatan kan bak blkg kosong, dan wkt itu siang pas org2 lagi pada istirahat makan. Melihat keadaan sepi, RXZ saya langsung diangkat ke bak blkg dan ditutupin terpal, makanya satpam kaga ngelihat saat motor saya diangkut ama truk itu.
    Soal kecepatan sih lumayan ya, krn saya pernah geber sampai 165 km/jam on speedo di sirkuit Ancol pada thn 1992 dgn RXZ saya yg kedua, wrn biru stripping kuning.
    Saya bersyukur pernah menikmati masa jaya era motor 2 tak. Tercatat motor2 2 tak yg pernah saya punya, RX-King 3x, RXZ 3x, AR125, RGR 150. Pas jaman TZM udah gak sanggup ngikutin, lagi susah, hahaha… makanya sampe skrg msh ngimpiin tuh TZM. Maklum… krn saya dulunya penggemar berat Yamaha, walau tetep msh mau nyoba merk lain, selain Honda tentunya, wkwkwkwkkkkk…… Hbsnya gimana, motor2 Honda jaman itu kan motor bapak2 semua, kaga nyambung ama riding style saya, hehehe…

  4. Kebetulan duwe motor fogging ning omah, walaupun ga seakeh mas Udi. 2 tok. Haha. Iki karo buyute, RZ350. SIng iki isih kerep tak nggo komuter sehari2. Blas ra penak2o yo jaman saiki nek sehari2ne nganggo motor 2 Tak. Sitik2 ngerem, sitik2 ngerem. Hahaha.

  5. Jangankan motor itu lek, wong jaman segitu punya Yamaha Alfa atau Astrea Star aja nyari cewek cakep guampang.,,
    Sekarang ? BMW terbaru kalau mau dapet cewek cakep

  6. teman dulu punya RXZ abu-abu monyet strip merah, itu di saat rxking lagi jaya dengan suara “ngook” dan bodi dicepperin

    tapi teman saya itu setipe saya,penggemar balap GP500,makanya cari yang 6speed..

    pernah jajal,lari 125kpj ada kenceng bener ::motor saya sih c700 hihihi…

    kalo RZR,saya juga ngidam,tapi gak dibeliin 🙁 maunya sih biar bisa jabanin rxz teman saya

    dan jaman itu, anak klub Binter AR125 banyak yang pake fairing RZR entah asli apa dari fiber,yang jelas saat itu motor fairing adalah sesuatu yang istimewa

  7. Assalam adimas..pak yam dari negara tetangga Malaysia tetapi keturunan tiyang jawi gitu. Mau bertanya, masih ada opo ora spare part rzr ini neng indonesia..khususnya fairing. Karna pak yam isek ngingu siji rxz gawenan 1986. Saat ketika masih pelajar di universitas .
    Matur Nuwun

  8. Pernah miara RZR selama 2 tahun tapi fairing aku copotin, soalnya ribet klo mo belok..wkwk. dulu sekitar th 99 aku beli 6 jutaan, selang 2 tahun laku 3 jutaan..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.