Memori indah waktu kecil dibulan ramadhan yang tak terlupakan

Halo brother biker 😀 …. Hari ini hawanya bikin ngantuk banget hingga mau nulis jadi males. nah.. nulis artikel ringan lagi saja… tentang memori atau kenangan waktu kecil dibulan ramadhan yang tak terlupakan. Kehidupan saat bulan ramadhan dikampung dan desa jaman dulu sangat berbeda dengan jaman sekarang.

sahur

Penuh canda dan tawa, bermain bersama. Anak-anak yang cowok dengan ciri khasnya bawa sarung dan kupluk atau peci. Okay akan saya tuliskan satu-persatu, mungkin ada beberapa kegiatan yang sama dengan daerah anda.

sahur 1

1. Saat Sahur.

Jaman dulu belum ada alarm HP, tapi entah kenapa anak-anak kompak bangun dijam 02 pagi (malah kadang-kadang jam 1 dini hari) dan kumpul disatu tempat. ada yang bawa kentongan, ada yang bawa kaleng ada yang bawa tutup panci dan lain-lain. Tujuannya untuk membangunkan masyarakat agar tidak ketiduran saat memasuki waktu makan sahur.

10406530_479421242183115_6446636876362170781_n

2. Sholat subuh

Sehabis makan sahur, biasanya anak-anak kembali keMushola dan menunaikan sholat subuh berjamaah. karena tenaga masih fresh, kalau ngucapi kata amin kencang sekali. Setelah itu anak-anak pada “mlaku-mlaku” atawa jalan-jalan pagi. ada yang sambil bercanda-canda ada yang sambil menyalakan petasan.

3. Menjalani hari2 puasa

Sepulang dari jalan-jalan pagi, biasanya anak-anak pada mandi tapi nggak tidur lagi. ada yang kembali bermain, ada yang membantu orang tuanya dan lain-lain.

11403125_1425256361135270_5555397724513012345_n

*poto nemu dipesbuk,asli waktu kecil sy pernah begini :mrgreen:

4. tengah hari Puasa

Waktu menjelang Duhur hingga solat asar biasanya saat-saat yang paling berat bagi anak-anak. Tapi anak-anak memiliki trik untuk lolos dari ujian. Biasanya sembari mau menunaikan sholat duhur, anak-anak ini mandi siang dulu, biar badan terasa seger terus dikit-dikit sambil minum..xixixi…

5. menjelang buka

Menjelang buka puasa, anak-anak biasanya akan membeli semua jajanan dan makanan yang ditemuinya. ada gorengan, roti, buah-buahan, snack dan lain-lain.

sahur 2

6. Buka, saat yang paling nikmat tiada duanya

Yups, saat-saat buka puasa adalah saat yang paling nikmat tiada duanya Tapii… makanan yang banyak banget yang tadi sudaah dibeli, nggak semuanya kemakan. Lha wong baru makan satu biji saja sudah kenyang.

11009115_1391471914513715_130959454673345191_n

7. Tarawih

Yang namanya anak-anak tarawih cuman ikut dua rokaat pertama doang, itu saja sambil nggodain temannya. habis itu main “ninja-ninja’an”, main petak umpet dan lain-lain.

sahur 4

Sungguh indah dan tak terlupakan masa-masa bulan Ramadhan diwaktu kecil. 😀

About yudibatang 2123 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

19 Komentar

  1. Masa kecil yg indah….
    Kalo sy yg paling di ingat, waktu pagi habis subuh jalan2 ke arah sawah, di sana sdh ramai orang jalan2 sambil bawa mercon cap leo, mercon paling tenar wktu itu, trs siang/sorenya nyumet long yg di tanam di tanah, itu tu yg bahan bakarnya karbit di campur air trs di silut, ws suaranya mirip meriam, blarrr… trs malam tarawih sambil guyon dan cekikikan, dorong2an kalo pas sujud, tp kalo pas berdiri anteng, hehe… pulang tarawih rebutan jlaburan, makanan ringan yg di sediakan utk jamaah….

  2. hahaha..jaman dulu enak, kl skrg bnyk alay2 mondar mandir bleyer motor knlpot butut,maen mercon sembarangan bkn bikin seneng tp berisik jantungan kasian kl yg udh sepuh bs terkejut jantungan

    • nijna”an pas masih smp kls 1 kalo gk salah pake sarung sekalian bawa petasan mirip korek api/yg dilempar kagetin temen lagi jalan ditempat yg sepi gan udhnya bukan marah malah ngakak bareng biar gereget :V

  3. Yo kang..jaman mbiyen nek nang kalongan pas membangunkan sahur ada istilah “tong-tong prek”..memukul kentongan muter2 kampung..duh indahnya..bagusnya tua-muda bersinergi lho…
    Saiki mbuh masih ada ato nggak ya..

  4. apakah kita se usia?
    kok semuanya ane pernah alamin waktu kecil yak?
    yang ilustrasi peci jatuh,
    yang ilustrasi sujud di tangga,
    yang teriak amin paling kenceng,
    yang pakai sarung ninja,

    indah benerrr…

  5. jman dlu emg brkesan gk sprti pmuda skrg siang2 pda ke warung kopi wifian
    bngunin saur pke speaker
    pas idul fitri dlu pda maem jajan
    skrg bwa cwek ngalor ngidul
    ke rumah guruny pun di buat pcrn
    mw mrah kok udh tua

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.