Belum ditemukan tekhnologi indikator ganti kampas rem pada sepeda motor

ganti kampas rem

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Rem adalah Piranti keselamatan paling penting dikendaraan bermotor yang berfungsi mengurangi dan menghentikan laju kendaraan. Jenis Rem bermacam-macam ada rem tromol, Rem cakram rem ABS (Anti Lock brake system) Dan lain-lain.

Rem cakram motor

Bagi pengguna motor yang “care” sama tunggangannya biasanya akan sering mengecek kondisi kampas rem disepeda motornya. namun bagi pemotor awam boro-boro ngecek, Asal motor ngglinding dan nggak mogok plus bannya nggak bocor ya cuek saja.

Kecuali sipemotor awam ini rajin menyervis sepeda motornya dibengkel resmi. Sering saya mendengar cerita dari rekan biker yang pas riding jarak jauh tapi baru ketahuan kalau kampas rem sudah habis hanya menyisakan besinya saja. jadinya kalau pas mengerem sepeda motornya, benda yang bergesekan dengan cakram rem sepeda motornya bukan kampas, melainkan besi.

kampas-rem-1

Besi lawan besi, akhirnya timbul kalor… kalau pas kondisi kencang dan ngerem mendadak biasanya Rem akan mengunci dan gubrakk!! Nah..yudibatang memperhatikan hal ini karena pernah terjatuh dari sepeda motor gara-gara masalah rem yang mengunci. Hingga saat ini belum ditemukan tekhnologi pada sepeda motor yang bisa menginformasikan kepada pemilik sepeda motor bahwa kampas rem sudah harus diganti karena aus atau dicolong orang :mrgreen:

Speedo meter Yamaha New Vixion Lighting

yah..mungkin bisa berbentuk lampu indikator peringatan didasbor sepeda motor atau dispeedo meter. Lebih bagus lagi ada tulisan didisplay speedometer yang tertulis seperti “Hi Bro..Waktunya ganti kampas rem!!” He..he.. Siapa pabrikan yang pertama berhasil menemukan tehnologi ini dan mematenkannya, pastilah bisa dijadikan vitur tambahan untuk jualan sepeda motornya. Ayo para insinyur sepeda motor …cari dan bikin penelitian agar ditemukan tehnologi indikator ganti kampas rem. Sukur-sukur tekhnologi ini bisa ditemukan oleh adik-adik pelajar mahasiswa diIndonesia. 😀

 

Tambahan info : Nanti malam ada artikel horo baru… Stay tuned 😀

15 Komentar

  1. sudah ada sebenernya cuma kebanyakan orang gak merhatiin.. minyak rem kalo di jendela intip reservoir udah turun sampe bawah itu artinya kampas rem abis.. gak isah ditambahin ntar kalo ganti kampas rem tuh level minyak rem akan naik lagi

  2. kadang buat modus jga ama oknum bengkel. lha wong kanvas msh layak tp dibilang habis n kudu diganti ya orang yg awam mah ho oh aja…

    • Sebetulnya bisa tiru sistem peringatan dini yg dipake di mobil.

      Di mobil saya, ada plat yg akan gesek cakram kalo kampas tinggal 1 mm tebalnya. Jadi bunyi ciiitt nyaring banget setiap kali injak rem.

      Kalo mobil yg dulu malah kalo kampas tinggal 1 mm, ada lampu di dashboard yg nyala setiap kali injak rem. Yg ini pake sensor listrik yg dibenamkan di pad, ada kabelnya, kalo pad tinggal 1 mm maka sensornya kontak dgn cakram, lampu peringatan di dashboard nyala.

  3. kalau bicara “kampas” rem, pikiran saya langsung mengarah ke rem tromol (bukan cakram, yg sebenarnya juga pakai material serupa).

    Utk rem tromol, mungkin banyak biker yg sudah paham salah satu indikatornya adalah setelan “kedalaman” di dekat tromol (ada lengan ayun berpegas dg sekrup penyetel).

    Nah, dg analogi mekanisme yg mirip, apakah hal tsb juga bisa diterapkan pada rem cakram?

  4. Lik Yudi, pengalaman, jika belum aus kampas rem sebaiknya diganti setelah berumur 3 tahun (maksimum 4 tahun).
    Karena, walaupun belum aus, bantalannya sudah mengeras sehingga bisa mengikis piringan/tromol rem.
    Penggantian kampas rem sebaiknya diikuti dengan penggantian minyak-rem.

  5. bs kok kan kasih sensor aj antara kampas kiri dan kanan,kl model switch diragukan krn bs saja macet kena debu jalanan dan kampas,,mungkin model detector aj kali ya

  6. wkwkwk, inovatif. tp kyknya kmbli ke rider nya deh. Klo orngny ndablek cm ngegas doank ,muncul display wjb ganti y biasany cuek.

    ato bs jg ad teknologi rem trbaru yg g pake kampas2an, tu rem bs dipake seumur hidup tnp perlu sperpat.. canggih neh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.