Makelar motor.. “siraja tega” nan Menyebalkan tapi kadang dibutuhkan

motor tua bangka

Yudibatang.com – Halo brother bikerΒ  … Berusaha untuk selalu menyajikan artikel-artikel yang berbeda , menarik dan menghibur… “ora melu ngalor ora melu ngidul… ngetan dewe…” translate “Nggak ikut keutara, nggak ikut keselatan… ketimur sendiri…” maksudnya bikin artikel yang nggak latah. Makelar itu ada berbagai macam jenisnya..ada makelar rumah dan tanah, ada makelar mobil, ada makelar sapi, bahkan ada makelar batu akik. Yups bicara Sepeda motor pasti ada hubungannya dengan jual beli sepeda motor. Khusus untuk jual beli sepeda motor bekas, ada orang yang berprofesi sebagai perantara atau Makelar motor.

Makelar_Kodok_Untung_Besar

Mengapa yudibatang tulis judulnya “Makelar motor..“siraja tega” nan menyebalkan tapi kadang dibutuhkan”? Begini ceritanya… Saya mempunyai seorang tetangga yang memiliki mobil pick up dan saya sering menyewa mobil pick upnya untuk mengangkut mebel pesanan kastamer. Sebut saja namanya Pakde. Ternyata pakde juga memiliki profesi sampingan sebagai makelar sepeda motor.

( Baca :Berbagai nama sebutan operator bank keliling dijawa tengah )

IMG_7855

Nah.. suatu saat saya iseng ingin mengetahui berapa harga pasaran skutik bekas milik saya (Yamaha Mio J tahun 2012 pelek ruji). Langkah pertama saya datang kedealer motkas dan langsung menanyakan berapa harga Mio J saya. Sipedagang langsung pasang harga “pitu seprapat” alias tujuh juta duaratus lima puluh ribu. Bila sipedagang menjual kembali Mio J saya dengan harga 8-8,5 juta, berarti perkiraan sipedagang dapat keuntungan sekitar 0.5-1 juta rupiah.(yang 250rebu buat biaya lain-lain).

Yamaha Mio J 2012

Jaringan makelar motor

Keesokan harinya saya tanya via sms harga MioJ tersebut kepakde. ternyata Mio J saya cuman dihargai 4.5-5 Juta!! Busyeettt!!! Itulah kenapa saya sebut makelar motor adalah siraja tega dan menyebalkan… nggak peduli teman nggak peduli sodara, Makelar motor kalo nawar harga motkas itu sangat “tega” dan menyesakkan!! Sebaliknya bila si makelar motor tersebut menawarkan barang dagangannya, dia akan pasang harga tinggi sekali diatas harga jual dealer motkas.

Tapi maklar motor juga kadang dibutuhkan, terutama bagi pemilik motor yang lagi kepepet butuh dana. Si makelar motor ini memiliki seperti jaringan informasi disekitar wilayah kota tersebut. Jadi bila ada orang mau jual motor, secepat kilat makelar motor ini bisa mendapatkan calon pembeli. Jadi bila brother biker mau menjual sepeda motornya, kalau nggak butuh-butuh amat, lebih baik jangan lewat makelar … langsung kecalon pembeli saja.

 

Semoga berguna πŸ˜€

 

About yudibatang 2212 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

14 Komentar

  1. Betul, pengalaman pribadi, waktu itu bulek saya sales asuransi prud, ceritanya dia dah booking fee di prumahan terus ngajak saya ambil rmh juga. dia bilang punya dia dah di approve, trus saya serahkan aplikasi kirim ke sales perumahan dan seminggu dah di approve aplikasi saya.
    Setelah di selidiki bulek saya tidak jadi beli dan dia sudah dpt fee sekian persen dari hasil bawa orang, nyesek bgt ama sodara masih tega juga, kalo ga salah sih 1-2 persen dari harga rumah.

  2. Artikel yg beda itu yg bikin saya mondar mandir warung ini. Ga kaya blog mainstream, apalagi klo udh pengalaman riding dan artikel horror, mantap.. lanjutken, kang.

  3. blm pernah jual motor sih… tapi emang mending jual ke orang. adik gw jual motor ke makelar kena 2jt, akhirnya jual sendiri ke orang laku 3jt an. Jupe Z lama…

    πŸ˜€

  4. makelar cari untung harus 2juta mas untung sejuta gak bakal mau karna di hitung berapa lamanya motor laku/duit lama ngendap katanya,bayangkan cuma motor lho cari untung segitu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.