Cek mobil bekas sebelum membeli ala yudibatang

cek mobil bekas

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Melanjutkan artikel hari sabtu kemarin tentang Tips membeli motuba untuk pemula ala yudibatang. Sebelum membeli mobil bekas, kita harus cek mobil bekas tersebut. sekarang saya jabarkan poin-poin yang perlu di check mobil bekas, tentu standar pengecekannya berbeda dengan mobil baru. Pasti ada defect atau cacatnya. Berikut ini poin-poinnya :

1. Cek mobil bekas pada Body atau exterior

Cek mobil bekas yang pertama adalah Body. Mengapa body yang menjadi poin pertama? Yups.. karena body bisa “menceritakan” riwayat mobil tersebut. Hal pertama yang di cek mobil bekas adalah diketuk bodinya seperti anda mengetuk pintu rumah. Bula terdengar suara “theng..theng…” atau “dheng…dheng..” berarti menandakan body mobil tersebut masih asli atau masih kaleng belum pernah dipermak. Sebaliknya bila anda mengetuk body dan berbunyi “dhek..dhek..” seperti suara bas dram, berarti body mobil tersebut sudah pernah dipermak, dipermak berarti ada kemungkinan mobil itu sudah keropos parah atau peot karena kecelakaan, kemudian dikentheng, dilas, didempul dan dicet ulang. Nah bila body mobil masih kaleng biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan body yang sudah dempulan.

charade yudibatang untuk iklan toko bagus 2

2. Cek mobil bekas pada Sasis atau Kerangka

Sasis atau kerangkan mobil adalah salah satu part yang paling penting. Sebelum membeli motuba kita harus cek mobil bekas kondisi sasis, karena yang namanya mobil bekas biasanya sasisnya juga digerogoti karat dan keropos. Bila sasisnya relatif bagus dan tidak keropos, maka motuba tersebut masih layak untuk dibeli. Tambahan..lebih baik meminang motuba yang domisilinya bukan didaerah pantai. biasanya motuba yang lebih sering berada didaerah pantai, sasisnya lebih cepat keropos dibandingkan motuba yang dari daerah dataran tinggi atau pegunungan. Karena udara dan air laut mengandung garam yang bila beraksi dengan logam, membuat logam cepat terkena korosi.. apalagi bila logam tersebut tidak dicat.

masin daihatsu charade

3. Cek mobil bekas pada Mesin

Ingat jangan langsung jatuh cinta begitu tahu suara mesin motuba terdengar halus. Hal pertama cek mobil bekas yang anda lakukan adalah membuka lubang pengisian oli mesin, atau lubang stik pengecekan ketinggian oli mesin. Kemudian ambilah sedikit oli melewati lubang tersebut, lalu pegang dan resakan menggunakan jari jempol yang digesekan dengan jari telunjuk. Bila olinya dirasa kental, berarti mesin motuba tersebut ada yang nggak beres. Urungkan niat anda membeli motuba tersebut dengan cara yang sopan. Salah satu trik oknum pedagang mobil adalah mengakali mesin mobil yang sudah “ancur” dengan cara mengganti oli mesin dengan oli gardan (lebih kental), yang lebih parah ada yang memasukkan tepung terigu, pisang dan lain-lain. Memang dalam jangka waktu sebentar, mesin terdengar halus namun begitu mobil dibayar dan dibawa jalan pulang, nggak sampe 10 kilo meter itu motuba langsung terasa nggak enak!! Bahkan ada yang langsung mogok dan klepnya bengkok serta pistonya jebol!!waspadalah.

shockbreaker depan charade 86

4. Cek mobil bekas pada kaki-kaki

Nah..bagi anda yang awam tentang kaki-kaki, ini bisa dijadikan pengetahuan. Cek mobil bekas pada bagian kaki-kaki mobil terdiri dari shock breaker, shock breaker support (karet penahan shockbreaker atas), tearoad orang awam mengatakan sayap, Lakher roda, pelek, ban dan lain-lain. Pengalaman yudibatang sendiri waktu pertama kali meminang motuba, “kejeglos” dengaan bujuk rayu sipenjual. Katanya mobil istimewa, ternyata setelah tahu tentang tekhnis mobil, Motuba saya shock breakernya bocor (rekondisi), shock support atasnya pada getas dan pecah-pecah. Mobil dibawa jalan maunya kekiri terus.

karet support charade

5. Cek mobil bekas Interior

Cek mobil bekas bagian interior karena kalau masih bawaan mobil biasanya kain-kain joknya sudah pada sobek karena dimakan usia dan pemakaian. Akan lebih bagus kalau motuba incaran joknya sudah dikover ulang.

6. Cek mobil bekas pada Kelistrikan

Kelistrikan juga harus diperhatikan, Accu atau Aki, Alternator/Dinamo Isi serta perkabelan bila kondisinya “semrawut” berarti yang punya motuba tersebut cuman bisa mancal pedal, alias nggak merawat motubanya. Hal ini bisa dijadikan alasan menawar. Lagi pengalaman pribadi setelah beli motuba, Alternatornya ngadat dan harus diservis ditukang dinamo. cek mobil bekas kelistrikannya .. jangan jadi langganan bengkel.

servis dinamo mobil

7. Cek mobil bekas pada AC, Accesories dan audio

Cek mobil bekas , Jangan langsung tertarik bila motuba incaran dikatakan oleh penjualnya “ACnya ada tapi tidak dingin, tinggal diisi freon langsung menggigil” . Hal tersebut berarti ACnya bermasalah, anggap saja motuba tersebut tidak ada ACnya. karena biaya restorasi dan memperbaiki AC itu tidak sedikit. Accesories dan Audio bisa menjadi nilai tambah bagi motuba tersebut.

silinderkop charade G11

Nah.. begitulah poin-poin cek mobil bekas sebelum anda membeli mobil bekas atau motuba. Cukup saya saja yang “kapusan” atau “diakali” oleh pemilik mobil sebelumnya. Nggak jaminan bila yang jual mobil bekas tersebut masih ada hubungan family, teman atau sodara sekalipun motubanya bagus.

 

Semoga berguna dan bermanfaat 😀

 

About yudibatang 2123 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

6 Komentar

  1. wah, ini. yang juozz yg saya tunggu. tp bakal tetep kesulitan buat saya yg bener bener awam soal per-boil-an. seengganya udah ada bayangan sebelum minang starlet kapsul. thanks kang Yud. ilmu yg ga bakal putus putus disebarin ini. berguna sangat.

  2. bang ashes…

    ada baiknya ajak sodara/temen atau montir yang tau ttg mobtuba baik yang disebutkan diatas. atau nggak ajak sekalian om yudi untuk menemani…

    • itu niat saya, bro Vijay. drpd dikadali sama penjual. karna saya jg gampang “kesengsem” kalo liat barang murah dan mulus. padahal gtw dalemnya bijimana. hwehehe.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.