Benarkah Blok mesin Yamaha NVL lebih inferior dibanding Old Vixion gen1?

Halo brother biker 😀 …. gonjang-ganjing tentang knalpot Yamaha New Vixion Lighting yang ngebul memang sudah lama jadi topik pembicaraan pemerhati otomotip. Hingga tak jarang menimbulkan perdebatan. nah!! ini ada lagi pendapat dari seorang mekanik bengkel resmi, namun demi privasi identitas simekanik tidak saya sebutkan.

NVL yudibatang

Beberapa bulan yang lalu ketika saya sedang servis matik dibengkel resmi Yamaha, sambil menunggu motor selesai saya ngobrol-ngobrol dengan salah satu mekanik senior yang sudah lama saya kenal. Simekanik mulai membuka pembicaraan tentang vixion saya yang dulu, lama-lama pembicaraan mengarah pada Mesin Yamaha New Vixion lighting yang knalpotnya ngebul.

nvl-ngebul1

Menutut analisa siMekanik, tidak semua knalpot Yamaha NVL ngebul. tapi memang ada yang ngebul dan simekanik pernah menangani kasus tersebut. Pernah ada salah satu pemilik Yamaha NVL akan melakukan servis rutin motornya. Sang pemilik motor tidak “nglegewo” alias tidak menyadari kalau lubang knalpotnya motornya keluar asap putih. Setelah dibongkar mesinnya, ternyata kondisi ruang bakar bersih!! tidak ada kerak dan tidak ada masalah dengan part-part pendukungnya.

mesin NVL

Lalu simekanik mengamati dinding silinder blok bagian dalam. Menurut simekanik, Ada beberapa Blok mesin Yamah NVL ini pori-pori dinding silinder bloknya lebih besar dibandingkan dinding silinder blok Old vixion gen 1. Karena pori-pori yang lebih besar, maka ada sedikit oli yang merambat masuk kedalam ruang bakar. Karena oli ikut masuk dalam proses pembakaran, maka keluarlah asap putih dilubang kenalpot. Kata simekanik lagi, tidak semua mesin Yamaha NVL seperti itu. Benarkah blok mesin yamaha NVL lebih inverior dibanding Old vixion gen1? jawab si mekanik, “iya” dan blok mesin yamaha vixion gen1, sekarang sudah sangat langka keberadaannya.  Hhmmm… jadi kangen sikibaliyut 😥

About yudibatang 2209 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

15 Komentar

  1. tetep joss kibaliyud wae adoh mas yuddd (155km @ alas roban) iki mah kepala shincan udah gitu haus oli seperti dracula penghisap oli bwahahaha.

  2. Apakah ada kemungkinan karena proses inreyen yang salah? Artinya motor di awal beli sudah digeber poll sebelum inreyen selesai sehingga piston dan dinding silinder mesin menjadi tidak halus dan tergerus.

    Apalagi waktu itu sedang tren posting foto kecepatan speedometer di social media.

  3. nah kan. lagi dijual. wkwkwk. ngebul kang, dijamin. cuma waktu itu mungkin ya, karena kesalahan saya nh. nerobos banjir kelapa gading bulan februari. mesin nyala, ttp dipaksa jalan sampe pulang ke daerah sudirman. nah, besokannya servis. wis, aernya nyatu sama oli. jd kaya susu kedele warnanya. flush brp x smpe mekanik ykin bersih. nah, mulai dr situ, tiap digeber pst ngebul. sebelumnya sh gapernah. jd bisa jg karena kesalahan usernya. skrg lg hunting blok silinder 3c1 nh yg katanya sakti. info kalo ada kang yud. serius.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.