Cara memperbaiki tangki motor penyok

cara memperbaiki tangki motor
servis tangki penyok

Cara memperbaiki tangki motor YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 .. Artikel cara memperbaiki tangki motor penyok sebelumnya sudah pernah saya tulis ditahun 2013. Namun dikarenakan ada masukan dari pembaca yang tidak bisa membuka file poto-potonya, Mungkin efek dari proses Migrasi dari wordpress keself hosting. Maka artikel ini saya re-fresh kembali .

cara memperbaiki tangki motor penyok

Dua tahun yang lalu tangki sepeda motor saya siKibaliyut (Yamaha Old Vixion) penyok gara-gara pas lagi parkir diteras rumah dirubuhin sama sikecil dan tangkinya terbentur tiang teras besi. Artikelnya sudah pernah saya tulis       ( : Hati-hati dan waspada bila memarkir motor yang ada bakita disekitarnya )

 Sudah berbulan-bulan lamanya saya biarkan tangki sepeda motor saya penyok. Yah..karena saya tidak tahu tempat dimana bisa memperbaiki tangki motor penyok. Akhirnya saya mendapatkan informasi dari seorang teman yang tinggal diCirebon. Sang teman yang bernama pak Ade memberitahu saya bahwa ada bengkel setel pelek yang bisa memperbaiki tangki motor penyok . Sayapun segera meluncur ke TKP (didaerah Jamblang-Cirebon). Nama bengkelnya “Gendon”. kalo bahasa tegalnya artinya ratunya rayap.

servis-tangki-gendon cirebon
bengkel Gendon memperbaiki tangki motor penyok

Urutan Cara memperbaiki tangki motor penyok

Step 1. Lepas jok dulu kemudian Tangki dilepas. Setelah tangki lepas, lepaskan fuel pump dengan cara membuka baut pengikat antara fuel pump ke tangki. Keluarkan atau dikuras bahan bakar dan sementara bahan bakar dipindahkan dulu kedalam kejerigen.
cara memperbaiki tangki motor penyok

Step ke2. Tangki bagian luar digetok pelan-pelan. Menurut bro Gendon karena kejadian penyoknya tangki sudah lama, menjadikan permukaan dan penampilannya tangki tidak bisa semulus sebelumnya.
servis-tangki-yudibatang 2

Step ke3. Tangki didongkel dari dalam tangki dengan menggunakan besi bulat atau besi beghel yang berdiameter 15mm yang dilengkungkan. Sembari mendongkel bagian tangki dari dalam, bagian permukaan tangki digetok-getok menggunakan palu khusus.
servis-tangki-yudibatang 3

Step ke4. Setelah cekungan tangki berkurang, Ratakan permukaan tangki dengan cara digetok pelan-pelan (Sepertinya Brogendon melakukannya dengan penuh penjiwaan..sampe ngesot )
cara memperbaiki tangki motor penyok

Step ke5. Setelah permukaan tangki rata mendekati normal, pasang kembali fuel pump dan pasang kembali tangki pada motor. Setelah tangki terpasang dengan benar baru kemudian Bahan bakar yang tadi ditaruh dijerigan kembali dituangkan kedalam.

Berikut poto penampakan tangki motor saya sebelum dan sesudah digetok.
servis-tangki-yudibatang 5

Oh iya biaya memperbaiki tangki penyok dibengkel gendon sebesar 30.000 (tahun 2013). Menurut Bro Gendon, Bila kondisi tangki penyoknya masih baru (misal 1-7 hari) dan langsung diperbaiki. Hasilnya akan lebih bagus serta lebih mudah dan cepat pengerjaannya. Karena “kondisi” plat besinya masih “hangat”. Namun kalau kondisi penyoknya sudah agak lama (lebih dari satu minggua) pengerjaanya akan lebih lama dan lebih sulit serta hasilnya kurang maksimal. Begutulah Cara memperbaiki tangki motor penyok.

Semoga berguna 😀

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

11 Komentar

  1. Hebat juga nih bro Gendon bersama Special Tools-nya.
    Saya sering kagum sama orang2 yg punya keahlian khusus seperti ini. Bisa mengerjakan pekerjaan2 yg kelihatannya nggak masuk akal.

  2. Mas yudi mau tanya waktu porthing polish kibaliyut di bengkel bapo cirebon biayanya berapa? Kebetulan saya org cirebon rencananya old vixion saya mau di porthing polish di situ juga

  3. keren iki plus murah

    klo dimobil kmaren betulin sasis depan bekas nabrak caranya ditarik bukan dipukul” kyk tukang las biasa jd hasilnya bisa balik kyk semula

    • Dicirebon masbro, patokannya kalo dari arah cirbon kota jembatan panjang pasar minggu terus belok kekanan. terus tanya-tanya orang masbro atau tanya bengkel sepeda motor terdekat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.