Hari Selasa dan Sabtu, Biasanya jalur pantura sepi dari bis Antar kota

hari selasa dan sabtu di pantura

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 ,.. Yups, Dulu setiap hari Senin pagi dan Jumat sore saya sering melintasi jalur pantura terutama wilayah Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan dan Batang-Jawa Tengah. Kadang juga melintasi jalur pantura Batang- Semarang hingga Demak lanjut Ke jepara dan sebaliknya. Saya lebih sering melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, tapi kadang-kadang naik motuba dan kadang-kadang naik kendaraan umum (Bis). Selain hari Selasa dan sabtu biasanya bis panturanan sering pada balapan.

(Baca :Ciri khas bus panturanan, ada nama julukannya)

Namun kadang kala pada kondisi tertentu saya melintasi pantura pada hari – hari yang lain. Misalkan hari Selasa dari Batang menuju keCirebon dan hari Sabtu dari Cirebon menuju keBatang. Saya mengamati, setiap hari Selasa dan hari sabtu, pada umumnya jalur pantura dari mulai Semarang – Batang – Pekalongan – Pemalang – Tegal – Brebes hingga Cirebon itu sepi dari Bis antar kota alais bis AKAP (Antar Kota Antar Propinsi). Contohnya  seperti Bis Sinar jaya, Dedi Jaya, Dewi Sri dan lain-lain. Pokoknya jarang ada Bis Pantura jurusan Jakartanan yang melintas. Usut punya usut, ternyata hal itu ada hubungannya dengan sebuah kepercayaan atau mitos diwilayah Jawa pada umumnya, dan wilayah Jawa Tengah pada khususnya.

Salah satu kepercayaan itu adalah hari selasa dan hari sabtu itu tidak baik untuk bepergian. Saya jadi teringat nasihat orang tua “Kalau mau bepergian jangan dihari Selasa dan Sabtu, karena kedua hari tersebut “ora apik” “. Pantesan kalau hari selasa dan hari Sabtu, Di terminal-terminal bis wilayah Pekalongan, Pemalang dan Tegal hingga Cirebon penumpangnya sepi dan banyak bis yang nggak jalan. Oh iya,.. itungan hari berdasarkan itungan jawa berbeda dengan standar internasional yang dimulai dari pukul 00:00. Kalau itungan Jawa haris senin adalah dimulai dari Hari Minggu jam 6 sore sampai haris senin jam 6 sore. Senin jam 6 sore lebih sudah masuk hari Selasa. Begitu pula hari Sabtu, dimulai dari hari Jumat jam 6 sore hingga hari sabtu jam 6 sore. Sabtu lebih dari jam 6 sore sudah masuk hari minggu.

Hari Selasa dan sabtu

Untuk membuktikannya, datang saja ke salah satu terminal diwilayah pantura dihari Selasa dan Sabtu, pasti penumpangnya sepi dan busnya pada ngetem. 😀 Kalau saya pribadi sih dari dulu nggak begitu mempercayai mitos tersebut, soale karenan tututan kerjaan dan kondisi. Bayangkan Jumat selesai kerja dan besoknya libur, mosok pulangnya harus nunggu disabtu malam? ya sayang waktunya. Apalagi sekarang transportasi diwilaya pantura banyak pilihannya. Naik kereta dari cirebon ke pekalongan , 2 jam sampai.

Silahkan share pendapat anda 😀

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.