Bagian sepeda motor yang perlu ektra perhatian saat musim hujan

bagian sepeda motor

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Musim hujan telah tiba. Namun kita harus tetap melakukan aktifitas. Nah,.. bagi anda pengguna sepeda motor untuk aktufitas harian, Ada bagian sepeda motor yang perlu ekstra perhatian bila musim hujan tiba. Seperi kita ketahui bila musim hujan tiba maka medan dan jalan yang dilalui oleh sepeda motor mengalami perubahan. Misal jalan yang tadinya kering jadi basah, suhu udara yang tadinya panas menjadi lembab dan lain sebagainya. Okay, langsung saja :

Berikut bagian sepeda motor yang perlu ekstar perhatian di musim hujan :

(Baca :Cara mandi yang baik setelah Riding kehujanan)

1. Ban

Ban adalah salah satu bagian sepeda motor yang sangat penting. Motor tanpa ban ya nggak bisa jalan. Ketika hujan tiba atau setelah hujan, umumnya jalan aspal menjadi licin dan basah dan jalan tanah menjadi becek. Umumnya bermunculan lubang dijalan serta lubang jalan akan tergenang air. Maka kita perlu  memperhatikan ban sepeda motor yang kita pakai. Bila ban sepeda motor sudah gundul atau grip ban masih bagus namun masa pakai ban sudah kadaluwarsa, segeralah ganti ban anda dengan ban baru.

Karena bila memaksakan menggunakan ban gundul pada kondisi jalan basah dan becek akan berpotensi selip dan mengalami kecelakaan. waspadalah!! Jangan lupa tekanan angin ban juga harus diperhatikan. Sesuiakan tekanan angin ban mengikuti spek ban. Jangan Menggunakan ban tjatjing, berbahaya!!

2. Perangkat Rem 

Bagian sepeda motor yang perlu ekstra perhatian yang kedua adalah perangkat rem. Periksa perangkat rem, mulai dari kampas rem, minyak rem dan kondisi cakram. Bila kampas rem sudah menipis segeralah diganti yang baru. Periksa juga minyak rem (untuk sepeda motor dengan rem cakram)Bila minyak rem tinggal sedikit segeralah isi ulang.

ganti kampas rem
piringan cakram yang terkikis oleh basi bantalan kampas rem

3. Rantai sepeda motor

Bagian sepeda motor yang ketiga adalah rantai sepeda motor. Pada umumnya bila memasuki musim hujan, rantai cenderung akan sering kena air hujan. Maka agar rantai dalam kondisi bagus, rajin-rajinlah memberi pelumas rantai. Jangan sampai kering kerontang dan berkarat!! nanti rantai bisa putus ditengh jalan.

4.Kelistrikan

Bagian sepeda motor yang keempat adalah perangkat kelistrikan. Mulai dari kabel-kabel, aki, lampu-lampu sampai electrik starter harus dicek dalam kondisi baik. Jangan sampai ada kabel yang terkelupas, bohlamp mati dll yang berpotensi membahayakan.

Semoga berguna

About yudibatang 2313 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.