Benarkah sesaji dimakan oleh jin?

ritual selamatan motor

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Malam jumat kliwon, waktunya artikel horor. Indonesia memiliki keaneka ragaman adat dan budaya. Hampir disetiap daerah di indonesia ada yang namanya sesaji. Sesaji ditiap daerah bentuknya berbeda-beda ada yang berupa bunga, ada yang berupa minuman kopi pahit dan teh pait. Sesaji inipun nilainya bergantung dari hajat yang akan dilaksanakan. ada yang menggunakan makanan , menggunakan kepala kerbau yang ditanam dipojokan sebuah bangunan dan dilengkapi dengan dupa dan sajen. dari kecil saya penasaran dengan cerita para orang tua yang mengatakan bahwa sesaji dimakan oleh jin.

Sesaji ini biasanya diadakan pada acara-acara sakral seperti akan memasang kuda-kuda rumah, acara hajatan kawinan dan acara hajatan yang lainnya. Walau jaman sudah modern, namun ada beberapa masyarakat yang masih teguh memegang tradisi tentang sesaji. bahkan hingga orang membeli kendaraan baru seperti sepeda motor atau mobil masih diberikan semacam sesaji dengan memandikan kendaraan baru tersebut dengan air kembang.

Waktu saya kecil juga pernah menjadi persaratan selamatan pindahan rumah. artikelnya sudah pernah saya disini

(Baca :Pengalaman waktu kecil jadi persaratan ritual selamatan rumah) 

Sering saya mendengar cerita-cerita dari orang tua, saudara dan teman tentang Sesaji dimakan oleh jin. Dan saya pernah membaca sebuah buku tentang kehidupan jin. Intinya Jin itu dari bangsa lelmbut atau mahluk halus. Bentuknyapun sangat halus dan makanannya dari benda yang halus pula. Salah satu contohnya dari aroma dupa, sajen dan sari-sari dari sebuah makanan dan minuman.

Nah,.. hari ini Kamis malam jumat Kliwon saya mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Pengalaman ini berhubungan dengan sesaji dimakan oleh jin. Sore sekitar jam 4 saya menuju sebuah pabrik rotan di Cirebon untuk mengecek barang mebel rotan. Saat saya sampai di Halaman pabrik, saya melihat ada semacam tempat nasi dari plastik (ada yang menyebutnya cepon), yang diatasnya ditutupi kertas minyak.  Tempat nasi tersebut ditaruh diatas meja. Anehnya tidak ada satupun orang yang berani menyentuhnya. padahal disitu ada empat orang. Saya bertanya apa itu? mereka kompak menjawab nasi berkat.

benarkah sesaji dimakan oleh jin?

Anehnya keempat orang tersebut tidak ada yang mau memakan nasi berkat tersebut. Pucuk dicinta ulam tiba, saya datang dalam keadaan lapar. Nasi berkat tersebut ditawarkan kepada saya. Ternyata nasi berkat tersebut merupakan makanan yang disediakan dalam acara selamatan kuburan setiap malam jumat Kliwon!. Saya berkata dalam hati “Walah,..ora urusan. tengki sudah miring banget,.. daripada dibuang dan mubadzir mending saya makan.

sesaji dimakan oleh jin
yudibatang sesaat sebelum menyantap nasi berkat

Sekedar info nasi berkat itu isinya terdiri dari nasi yang cukup unytuk mdua porsi. Ayam goreng paha, daging, tahu dan sambal goreng ati plus telor ayam rebus. Saya makan sendiri dengan lahapnya. Anehnya saya bisa menghabiskan nasi berkat itu sendiri! dan setelah selesai makan,… saya tidak merasa kenyang alias terasa cuman nyelip doang diperut. Selesai makan, ngopi dan ngudud, saya mulai ngecek kursi rotan. menjelang maghrib saya baru menyelesaikan pekerjaan.

aroma khas mahluk halus

Saat say pulang meninggalkan pabrik, saya merasa ada sesuatu yang mengikuti saya. Ketika saya hentikan motor dan menengok kebelakang, sesuatu tersebut seperti bergeser dan  masuk kedalam tembok pabrik dengan cepat. Mak,..prekitiiikk!! “Jangan-jangan itu jin yang memakan sari-sari nasi berkat!”. Malamnya saya diajak teman datang kesebuah cafe di cirebon yang ada life musiknya. Bayangan itu terasa terus mengikuti saya. Teman saya mengatakan bahwa tidak ada orang yang berani menyantap berkat selamatan jumat kliwon! mak,..prinding!! Hingga artikel ini ditulis, bayangan itu masih seperti mengikuti saya,…hiii…

About yudibatang 2463 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

12 Komentar

  1. Mirip masa kecil dulu Mbah masih ingusan belom tau apa2 , ada sajen di pura ane makan tuh buah2an habis gitu kabur..
    Pas rada gede ngerih juga klo teringat kelakuan gitu
    Wkwkwkwkwk…😂

  2. Pas kecil aku juga sering nyolong sajen yang disusun mbah putri, padahal besoknya boleh dimakan, hanya waktu pas malamnya saja yang gak boleh.
    Sajennya macam2 makanan dan minuman semeja penuh, sama ada rokok macam2, juga menyan yg dibakar di tempat khusus.

  3. Dulu di halaman depan rumah mbah saya ada barongan / rumpun bambu, rumah masih jarang, sering ada sajen dimakan sama mbah, lumayan jaman sulit ada makanan gratis, tidak apa2..

  4. Wes sing penting bismillah. Kelakuan nyembah jin ra bener. Duso gede…
    Mending maling hape dusone ra seakeh nyembah setan jin.

    Ngeri mas yud

    • Wohhh….. Maling sampah masyarakat banget. Mending tukang tipu biar dapur ngebul. Setidaknya nipu itu masih mengaplikasikan sopan santun & tata krama unggah ungguh. Ngga asal bikin rugi pihak lain.
      Nipu?
      Mantab Gandhozzz Djiwa Santun euiyyy cakkk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.