Belilah dagangan temanmu, kalau perlu jangan nawar

belilah dagangan temanmu

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel selingan yang mungkin bisa membangkitkan rasa empati para pembaca. Belilah dagangan temanmu, kalau perlu jangan nawar. Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita menemui ada teman atau saudara yang beralih profesi. Misalkan tadinya kerja jadi karyawan pabrik, tiba-tiba sudah alih profesi jadi jualan makanan. Contoh yang lain ada tetangga yang tadinya kerja terus pensiun atau habis masa kerjanya kemudian alih profesi jualan toko kelontong dan lain-lain.

(Baca : istirahat saat riding, ada kalanya kita perlu memebelis esuatu diwarung kecil )

Nah,..disini yudibatang pernah mengalami masa-masa pahit saat mencoba menjadi usahawan. Ternyata menjadi sorang wiraswasta atau mandiri buka usaha sendiri tidaklah semudah membalikan tangan dan tidak segampang teori-teori para motivator dan mulut berbusa sales M*M. Berbagai macam karakter calon pembeli sudah pernah saya temui. Ada calon pembeli yang nanya-nanya terus tapi ujungnya nggak beli. Ada yang nawar sadis sekali, sudah dibilangin “belum dapat” tapi terus memaksa. Ada pula calon pembeli siraja tega.

Datang membawa mobil keluaran terbaru, sudah mencoba satu kursi yang mau dibelinya. Mulai dari anaknya, mantunya, ibunya sampai bapaknya yang “lumpuh” didalam sebuah mobil semuanya mencoba. Nawarnya sadiz jahat sekali. sampai saya kasih tahu harga modalnya tetep saja nawarnya sadiz. Saya ingat sekali mobilnya Daihatsu grand max blind van dengan stiker sebuah parpol.  Dan pembeli siraja tega itu terus mengintimidasi dan akhirnya nggak jadi beli. Saya hanya bisa mengelus dada sambil terus menahan amarah yang menggelegak tapi tak berdaya.

Namun adapula calon pembeli baik. Yang kelihatannya penampilannya sederhana, tanya harga langsung dibeli tanpa nawar dan malah waktu saya antar kursinya beliaunya memberikan uang tips. Banyak teman-teman sekolah dan saudara yang ikutan membeli dagangan saya. Perasaannya sesneng sekali bro. So, jangan menilai seseorang dari luarnya saja. Tambahan, jangan karena temannya yang jualan terus minta diskon atau harga murah. Itu tidak baik bin bermental misqueen. he..he..

Belilah dagangan temanmu

Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman berdagang. Intinya Bilalah dagangan temanmu, kalau perlu jangan nawar. Kalau tidak niat mau membeli sebuah barang, nggak usah nawar-nawar sampai sadis namun akhirnya nggak jadi beli. Siapa tahu teman yang sedang jualan sedang sangat membutuhkan uang untuk membeli beras dan kebutuhan lain. Uang dari dari kita yang mereka terima akan sangat bermanfaat sekali. Hingga sekarang kalau saya tahu ada teman atau saudara yang jualan akan saya datangi dan saya ikut membeli dagangannya. Walapun sebenarnya saya tidak begitu membutuhkan barang tersebut. Tujuannya ikut nglarisi. bukan hanya teman, misal ada nenek-nenek atau kakek2 jualan makanan yang dipikul atau pake sepeda, walaupun saya nggak butuh tetep saya beli. Mbuh nanti makanan tersebut saya kasihkan lagi pada teman.

Semoga berguna,

About yudibatang 2210 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

17 Komentar

  1. Benar sekali kata panjenengan kuwi mas… Alhamdulillah… Hal-2 kebaikan seperti ini harus kita perbanyak, biar menular. Jangan melakukan hal-2 yang tidak baik…. Sebab menular juga.

  2. Rokok nya paling atas nggih mbah gambarnya. Jaman saya kecil gerobak bagian atas berbentuk segitiga. Klo dibuka jadi atap. Posisi rokok/dagangan miring. Buka dasaran di depan rumah peninggalan kolonial belanda. Penerangan pake petromak. Ada yang teplok lampu minyak. Sebelahnya ada warung bakmi jowo. Wah romantis banget mbah. Kelingan duk rikala isih cilik. Jalanan belum rame. Dan masih banyak pohon.

  3. hampir tiap hari mbah… tetangga jualan nasi uduk dan gorengan, jd tiap hari beli terus disitu buat sarapan pagi. Gas beli ketetangga juga yg jualan gas, termasuk galon air.

    klo di lingkungan sekitar langa gas, br keluar dr perumahan beli di grosiran.

  4. Tetanggaku onok Senk jualan rokok selera pemberani toko 1 harga 17.000/bungkus
    Toko 2 16.000/bungkus
    Otomatis beli di toko 2 😂😂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.