Waspada!Jalan aspal dikeruk, bisa bikin motor geal-geol dan ndlosor!!

jalan aspal dikeruk

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Sekarang lagi musim perbaikan jalan. hampir disepanjang jalur pantura masih terdapat perbaikan jalan.  perbaikan jalannya ada yang ala kadarnya, ada yang pembetonan dan ada pula yang di keruk dulu kemudian di aspal ulang. Apalagi menjelang lebarang, pasti hampir tiap jalan raya utama di daerah melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan. Nah,.. biasanya jalan aspal yang sudah jelek dan mau di aspal ulang, jalan aspal dikeruk dulu.

( Baca : Tehnik menjaga keseimbangan motor ketika hampir kepeleset jalan aspal berpasir )

Nah.. sialnya jalan aspal yang sudah di keruk dan membentuk cekungan-cekungan kecil yang memanjang dibiarkan saja. Dan jalan aspal bekas di keruk itu tidak langsung diaspal ulang. Tapi dibiarkan dulu beberapa hari. dan sebelum memasuki area jalan aspal kerukan tersebut tidak ada papan peringatan sama sekali!. Jalan aspal di keruk yang akan diaspal ulang ini sangat membahayakan bagi pengendara roda dua. apalagi bila si pemotor tidak siap dan kondisi grip ban sudah menipis atau gundul. sangat berpotensi terjatuh. pemotor yang pake ban cacing bisa langsung ndlosoorr dan peleknya rompal. Akan lebih mantab bila menggunakan motor dual purpose atau motor trail. Seperi Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150.

penjualan Honda CRF150L
yudibatang diatas Honda CRF150L

yup..karena permukaan jalan aspal di keruk jadi tidak rata. ada banyak cekungan atau gap yang memanjang serta banyak kerikil berserakan menjadikan permukaan ban tidak bisa sempurna menapak ke jalan aspal dikeruk tersebut. Salah satu cara agar motor tetep aman dikendarai melewati jalan aspal bekas garukan adalah kurangi kecepatan dan konsentrasi!! posisikan motor disebelah kiri dekat bahun jalan, kecepatan Maksimal 20 kpj. sepeda motor bila melewati jalan seperti ini, pasti bannya terasa “geal-geol” dan membuat handling motor jadi susah dikendalikan. waspasalah!!

Semoga berguna

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

2 Komentar

  1. pernah dulu ndlosor karena ini mbah,sekitar tahun 2008an pake MX.dan smp sekarang jadi agak trauma kalo lewat jalan yang lagi di sisiri atau lewat jalan yang banyak krikil2nya..pasti langsung kurangi kecepatan trus jalan mlipir alon2

  2. Paling ngeselin ini,lagi mau buru buru tiba tiba ditengah jalan ada sebagian jalan yang dikerok tapi tak kunjung diaspal.

    Rasanya geal geol kaya ban nya bocor, wah itu kalau ngebut sih bisa oleng 🤣

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.