10 Tips mudik dengan sepeda motor yang aman ala yudibatang

mudik dengan sepeda motor

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Sebentar lagi lebaran. Tradisi di Indonesia pada umumnya, seorang perantauan akan pulang kampung untuk berlebaran bersama sanak saudara dikampung halaman. Kalau nggak pulang kampung biasanya akan meneteskan air mata saat mendengar takbiran diperantauan. Sebenarnya sekarang sarana transportasi sudah lumayan bagus dan nyaman. Namun kadang kala seseorang ingin tetap mudik menggunakn sepeda motor dengan alasan tersendiri. salah satu contoh agar dikampung halaman ada motor untuk berkatifitas.

mudik dengan sepeda motor

Selain itu mudik dengan sepeda motor juga bisa menghemat uang walau resiko yang dihadapi juga lebih besar. Pengalaman dua kali riding berbarengan dengan para mudiker yang mudik dengan sepeda motor. kebanyakan mereka seperti macan baru keluar kandang. Terutama ketika melewati jalur pantura cirebon hingga brebes yang jalannya relatif mulus nan lempeng.

Kebanyakan dari mereka berkendara dengan kecepatan tinggi! Yah..mungkin karena mereka kesehariannya terbiasa riding “dirimba belantara” jakarta yang kondisi lalu lintasnya selalu macet. Jadi seperti berkah bila menemui jalan lurus, lempeng nan sepi. Yudibatang justru berkendara dengan kecepatan yang wajar, maksimal 80 kpjlah…lebih sering memberikan jalan kepada para mudiker yang speed freak (terutama mudiker pengguna motor batangan).

Para pemudik yang mudik menggunakn sepeda motor ada yang sudah pernah melakukan sebelumnya dan ada yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor. yudibatang yakin, seandainya mereka punya rejeki lebih pasti tidak akan mudik menggunakan sepeda motor.

Berikut ini 10 tips mudik dengan sepeda motor yang aman ala yudibatang.

1. check kondisi dan kelengkapan sepeda motor. pastikan motor dalam keadaan fit dengan cara diservis ke bengkel. dan cek kelengkapan surat-surat sepeda motor. Jangan sampai lupa bayar pajak kendaraan bermotor.

2. Pastikan kondisi fisik anda benar-benar sehat. Mudik dengan sepeda motor membutuhkan stamina yang bagus karena anda akan menempuh perjalanan yang lama. akan bermacet-macet ria diawal keberangkatan dan berbarengan dengan mudiker lain.

3. gunakan safety gear. minimal menggunakan celana jeans, sepatu, jaket, kaos tangan dan helm. Disarankan memakai helm full face. kalau terpaksa menggunakan helm half face harus didobel dengan masker.

4. berkendaralah dengan kecepatan yang wajar (60-80 kpj) dan tidak usah ngoyo serta srunthulan.

5. maksimal setiap menempuh dua jam perjalanan harus istirahat

6. jangan membawa barang bawaan yang melebihi batas kapasitas sepeda motor.

7. Tetap hati-hati , konsentrasi dan waspada!! Misi anda adalah pulang kekampung halaman dengan selamat bertemu dan berlebaran dengan sanak saudara 😀

8.Patuhi pertaturan dan rambu lalu lintas.

ikut klub motor

9.Saat istirahat dan mau beli makanan, tanya harganya dulu sebelum memebeli agar anda tidak “keplatok” dengan harga makanan yang tidk wajar.

10. berdoa sebelum melakukan perjalanan

Semoga berguna

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.