9 Alasan mengapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 … Artikel ini adalah update dari artikel terdahulu yang pernah saya publish 8 tahun yang lalu tepatnya 24 Mei 2011. ini artikelnya 7 alasan kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian . Sejatinya Knalpot Racing atau knalpot after market didesain dan diperuntukan hanya untuk pemakaian balapan (Race). Coba perhatikan kalau anda membeli knalpot racing biasanya ada tulisan “RACE ONLY” artinya Hanya untuk balapan alias bukan untuk penggunaa harian.

Nah..dulu saya sering mendapat pertanyaaan mengapa saya tidak menggunakan knalpot racing pada motor saya. ” Berikut saya ini jabarkan 9 alasan mengapa saya enggan menggunakan knalpt racing untuk pemaian harian :

1. Malas “berurusan” dengan Polisi. Yups..seperti kita ketahui belum ada undang-undang yang mengatur seberapa besar tingkat kebisingan sebuah knalpot racing yang legal digunakan dijalan raya atau jalan umum. Maka urusan knalpot racing ini bisa menjadi sebuah alasan “oknum” untuk menilang. karena motor saya dipakai untuk perjalanan jarak jauh dan sering menjumpai razia polisi, saya lebih memilih cari aman saja dengan tetep menggunakan knalpot sutandar.

kru tim HRC memakai pelindung telinga saat manasin motor

2. Mengganggu pendengaran. subyektif sih.. tapi sudah pernah saya buktikan sendiri. Saya pernah ngetes riding menggunakan knalpot racing menempuh jarak kurang lebih 160 km (Batang – Jepara ). sesampai ditempat tujuan telinga jadi berdengung…ngueng..ngueeng..  jadi susah mendengar dalam beberapa saat.

3.Suaranya mengganggu orang lain. Suara knalpot racing umumnya sangat keras dan efeknya sangat mengganggu khususnya bagi balita dan orang yang lagi sakit. yups..ini saya rasakan sendiri ketika saya lagi sakit meriang. Baru saja mata mau terpejam tiba-tiba ada suara “ngueeenggg!!”.. yah..keluarlah “nama-nama binatang” dari mulut dan sumpah serapah seperti mo*iar… Ba*ing*an . Sering saya mendengar kasus keributan antar tetangga dikarenakan bunyi knalpot racing.

4. Knalpot racing untuk harian Membuat pemakain BBM jadi boros

Pabrikan sepeda motor pasti sudah “menyetting” antara pengapian dan knalpot standar agar mendapatkan performa yang pass. Tingkat kebisingan yang pas dan hemat penggunaan BBM. Kalau knalpotnya diganti dengan tipe yang racing biasanya settingan jadi nggak balance dan mengakibatkan banyak BBM yang terbuang percuma..ujung-ujungnya boros.

5.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.. bagi brother biker yang pernah berhenti dibelakang sepeda motor berkenalpot racing misalnya ditraffic light, pasti sudah tau betapa mengganggunya “tonjokan” angin knalpot racing yang mengarah kewajah kita.

knalpot racing untuk harian

6.Tanpa settingan khusus knalpot racing nggak ngaruh diperforma

yups.. ini juga subyektif. berdasarkan pengalaman menjajal knalpot racing dari yang abal-abal sampai yang berharga mahal. performa motor tidak terlalu mengalami peningkatan bila tidak dibarengi settingan kusus. yang saya rasakan Akselerasi cepat dari putaran bawah-menengah ( pertama mlintir gas mesin serasa nglowor dulu). Namun top speed tetep malah ada beberapa yang bisa bikin top speed menurun. agar performanya naik harus ada “penyesuaian” dengan setting karburator atau setting ECU.

suara knalpot racing

7.Knlapot racing harganya mahal

Knalpot racing ada banyak macamnya. Dari knalpot racing abal-abal, knalpot racing kw dan knalpot racing asli. Dari semua jenis knalpot racing, hampir semuanya harganya mahal. Apalagi knalpot racing branded yang impor. harganya bisa sama dengan harga sebuah motor matik.

8.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya..yup..ini pendapat pribadi berdasarkan pengalaman juga. Bila seseorang menggunakan knalpot racing dijalan raya biasanya muncul perasaan ingin membleyer-bleyer grip gas motornya dan cenderung memunculkan sikap arogansi beserta intimidasi.

9.Pake knalpot racing untuk harian sering disumpahin orang.

Seperti pada poin nomor delapan, pengguna motor dengan knalpot racing cenderung selalu ingin menggeber motornya. Nah,.. pas lewat dijalan terus suara knalpot racing yang “nggguuueeeng!” membuat orang yang mendengarnya merasa terganggu. Ada yang hanya mengelus dada, ada yang menyumpahi sipengguna knalpot racing ada pula yang mendoakan yang negatif. Ingat! Salah satu do’a yang sangat mujarab adalah do’a orang-orang yang teraniaya.

About yudibatang 2199 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

5 Komentar

  1. pas masuk area perumahan yang rame juga segan gimana gitu, om..

    dibawa pelan juga tetap lebih berisik dibanding knalpot standar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.