Papas silinder head bikin mesin motuba jadi fresh

papas silinder head

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Masalah klasik motuba alias mobil tua bangka selain bodinya pada keropos performa mesin juga sudah menurun. yah,.. wajar saja karena mesin mobil sudah berumur dipakai bertahun-tahun. Berdasarkan pengalaman pribadi dulu waktu punya motuba, mesin motuba terasa nggak enak dan berpotensi membahayakan bila mesin tidak diupgrade. Salah satu cara mengaupgrde mesin motuba adalah dengan cara papas silinder head.

papas silinder head
silinder head sebelum ditambal dan dipapas

Sebelum membahas lebih jauh tentang papas silinder head , kenali dulu ciri-ciri motuba yang silinder headnya sudah penyakitan. Ciri-cirinya adalah air radiator sering berkurang. kemudian bila AC mobil dinyalakan, lama-lama temperatur akan naik dan kalau dipaksa jalan menyebabkan mobil jadi mogok karena mesin mengalami over heat. Bila mesin sudah over heat efeknya pedal rem jadi keras tidak bisa ditekan. Nah,.. ngeri kalau pas lewat turunan, rem mobil jadi tidak berfungsi semestinya.

(Baca :Pengalaman nyetir motuba hampir nabrak bis gara-gara mesin over heat dijepara Jawa tengah )

Papas silinder Head dibengkel kusus

Nah,.. ada dua cara untuk papas silinder head. yang pertama anda serahkan motuba kepada bengkel dan minta papas silinder head pokoknya terima beres. Cara yang kedua mobil dibawa kebengkel dan diskusi dulu dengan mekaniknya. Minta mekanik untuk membongkar mesin dan melepas silinder head. kemudian silinder head anda bawa sendiri kebengkel kusus yang menangani papas silinder head. Proses papas silinder head biasanya permukaan sislinder head yang sudah tidak flat dan banyak “grupil” ditambal dulu agar rapat. Setelah rapat barulah silinder head dipapas.

Oh..iya waktu pengerjaan sekitar dua sampai tiga hari dengan biaya menambal dan papas silinder kop sekiat 300 sampai 500 ribuan. Perlu diketahui untuk menambal dan memapas silinder head mobil lebih baik jangan dibengkel besar yang menggunakan sistim dibakar. karena disamping harganya lebih mahal, juga bentuk silinder head banyak yang berubah karena pemanasan yang terlalu tinggi.

ngoprek
yudibatang lagin ngosok silinder kop

Setelah selesai pengerjaan tambal dan paaps silinder head , silinder head saya bawa pulang kerumah dulu. kemudian dibersihkan dengan bensin sembari disikat dengan sikat serabut besi. Setelah kering, silinder head direndam dengan air yang dicampur detergen bubuk dalam ember. seperti ngekum atau merendam baju kotor. waktu merendamnya kurang lebih dua jam.

Kemudian silinder head diangkat dan digosok dengan sikat gigi bekas. Setelah kering kalau performanya pengin lebih mantab sekalian diporting dan polish. Tapi harus nambah biaya lagi. Tapi kalau pengin biasa saja ya disikat dan diampelas sendiri lubang ex dan lubang in nya. Tujuannya agar jalur udara dan pembuangan lebih lantjar djaja. Proses mengamplas tidak sekali jadi, tapi diamplas berulang-ulang , berhenti lalu dicheck dulu sambil disawang-sawang sambil minum kopi dan ngudud. Kalau dirasa masih kurang bersih dan kurang halus, lakukan pengamplasan ulang.

papas silinder ghead
silinder head setelah dipaaps dan dicuci jadi seperti baru

Setelah Silinder head terlihat cukup kintjlong, bawa kembali kebengkel dan dipasang kembali. Setelah selesai dipasang, mobil perlu direyen dulu. dibawa muter-muter dulu dengan kecepatan yang wajar. yah sekitar 40-60 km/jam. waktu reyen kurang klebih semingguan. setelah selesai inreyen performa mesin jadi terasa lebih enak dan lebih segar. Bila AC dinyalakan mesin sudah tidak mengalami over heat lagi. Temperatur normal dan air radiator sudah tidak berkurang.

Semoga berguna

About yudibatang 2313 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

2 Komentar

  1. Motuba ne kabare piye mbah….
    Plesiran nyang jogja kok gak di gowo..kudune ditest nyang tanjakan cinomati..hahaha

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.