Komstir oblag , harus segera diperbaiki. Bahaya!

komstir oblag

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Salah satu bagian penting dari Sepeda motor adalah komstir. Nama kerennya steering head. Steering Head atau yang sering disebut dengan komstir berfungsi untuk mendukung motor bisa berbelok kekanan dan berbelok ke kiri sehingga motor nyaman untuk dikendarai. Komstir kalau sudah rusak atau komstir oblag menjadikan handling motor jadi tidak enak.

(Baca : Shock depan motor bocor, Tidak bisa tidak harus diperbaiki)

komstir oblag
bearing komstir

Salah satu kasus komstir oblag yang sempat heboh adalah kasus komstir Yamaha vixion gen awal. Yups,.. banyak pengguna yamaha vixion gen awal mengeluhkan komstirnya yang rusak. Ada beberapa gejala yang dirasakan bila komtir motor sudah rusak.

1. setang motor jadi susah dikendalikan. Mau diajak belok tapi motor maunya lurus.

2.putaran setang terasa berat atau susah dibelokkan.

3. terdengar bunyi asing seperti suara gemluthuk

4.setang terasa tidak stabil 

5.setang terasa bergetar bila motor diajak lari agak kenceng

Komstir oblag bisa buat pemotor celaka

Nah,.. bila sepeda motor anda sudah mengalami gejala-gejala seperti diatas berarti kena penyakit komstir oblag. Kalau sudah begini, motor harus segera diperbaiki karena berbahaya dan berpotensi mencelakai pengendaranya.

Hal ini dialami oleh teman yudibatang yang bernama Pakdodo.PakDodo ini sehari-harinya menggunakan motor roda tiga yang bermerek ternama, aktifitas pakdodo adalah mengangkut beras dari “Rice mill” (penggilingan kabah menjadi padi) kepada pengecer. Waktu itu motor roda tiga yang biasa dikendarai pakdodo sudah terserang penyakit “komstir oblag” parah..namun simajikan tidak kunjung memperbaikinya. Karena ketidaktahuan pakdodo, motor roda tiga tersebut tetap dipaksa mengangukut beras. Menurut pakDodo, ketika motor tidak membawa muataan, komstir oblag ini tidak terlalu “ngefek” karena motor hanya dipakai jarak dekat dan pelan-pelan.

motor roda tiga mengangkut beras

*poto ilustrasi

Nah..saat motor dipakai mengangkut beras sampai over load, motor sering “susah” dikendalikan… Kalau sudah belok diarahkan lurus kedepannya lagi agak susah. Saat itu pakdodo mengendarai sepeda motor roda tiganya dijalan yang menghubungkan kabupaten (Batang-Pekalongan) yang disisi kiri kanan jalannya kebanyakan terdapat sawah. Puncaknya saat ban depan kejeglong lobang, setang motor belok kekiri tapi dilurusin kedepan nggak mau! setang tetep belok kekiri dan akhirnya motor meluncur masuk kedalam sawah dan pakdodopun ikutan “nyemplung” kedalam sawah.

komstir oblag

*poto ilustrasi

kaki kiri pakdodo sobek terkena sudut bak besi yang lumayan tajam!! Orang-orang dan masyarakat sekitar yang melihatnya segera mendekat dan menolong pakdodo serta membawanya keklinik terdekat. Untung nyawanya masih selamat nggak sampe ketiban bak besi yang berisi beras!So.. waspadalah, kalau motor anda sudah terjangkit komstir oblagh, segeralah diperbaiki.. bahaya!!

About yudibatang 2463 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.