hal kelihatannya sepele saat naik motor namun bisa berakibat fatal

sepele saat naik motor

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 …. Artikel pengalaman berkendara motor. yups.. ada beberapa hal yang kelihatannya sepele tapi bila dilakukan saat berkendara motor ataupun berkendara roda empat bisa menyebabkan kecelakaan. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Masih banyak pemotor yang belum menyadari bahwa hal sepele saat naik motor namun bisa berakibat fatal

Apa sajakah hal-hal sepele tersebut? Ini dia :

1.Melihat pesan di layar ponsel sambil nyetir

Mungkin hampir setiap hari saya melihat pemandangan seorang pemotor yang nyetir sambil melihat pesan di ponselnya. Yang bisa saya lakukan hanya membunyikan klakson agar sipemotor sadar kalau dia sedang berada dijalan raya. kadang ada pemotor yang langsung minggir, kadang ada pula yang malah melotot.

sepele saat naik motor

2.Melamun

Melamun saat naik motor sangat berbahaya sekali. bisa diibaratkan orang tersebut antara badan dan pikirannya tidak menyatu. jadi konsentrasi saat berkendara motorpun hilang. Perilaku pemotor yang melamun kadang kala bermanufer atau berbelok sendiri tanpa lihat kanan kiri dan belakangnya.

(Baca : Ketika riding mengalami Blank sesaat dan hampir kecelakaan)

3.terpana melihat sesuatu yang baru

Nah,..ini dia. hal sepele saat naik motor yang umumnay dilakukan pemotor laki-laki. Pada dasarnya laki-laki itu brengsek, namun seberapa besar kita bisa mengendalikan kebrengsekan tersebut. Sudah naluri laki-laki normal, bila sedang berkendara motor lalu melihat sesuatu yang bening bin semok biasanya secara otomatis pandangan mata langsung tertuju pada obyek tersebut. nah,.. disitu konsentrasi buyar dan bisa menabrak sesuatu. Contoh kejadiannya pernah saya tulis disini Tingkah pemotor bila menyalip cewek sexy, biasanya negok sejenak 

sepele saat naik motor

4.Meleng/tengak-tengok

Meleng atau tengak-tengok biasanya dilakukan oleh pemotor yang sedang mencari alamat namun dengan posisi masih berkendara diatas motor. Situasi ini kelihatannya sepele, namun berpotensi mengurangi konsentrasi dan membahayakan diri sendiri dan oranglain.

hampir semua orang yang waras, tentu ingin selalu diberi keselamatan saat berkendara motor. maka kita wajib terus belajar mengendarai motor yang aman, mematuhi rambu lalu lintas dan jangan lupa berdoa.

About yudibatang 2359 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

7 Komentar

  1. Tak tambahin mbah yud, khususnya bagi boncenger cewek yg pke rok pnjang, kdg kita suka lupa sbg yg di depan, rok nyrimpet ruji, bhya gk diduga, alangkah baik’y di ileke spy diangkat ..hhe

    stu lagi nih mbah, ps di prkiran kdg lengah, lupa naikin standar, main ambil mtr aja, akibat’e standar kena kuku jmpol klo gk pke spatu/sfty gear mantap tuh..hha pnglman prbdi juga mbah 🙂

  2. 5. Nyangklong tas (enggak dislempangin), giliran tasnya mlorot sibuk ngurusin tas daripada riding. Arah motornya jadi ke mana2. Saya udah beberapa kali nemuin ibu2 yg sibuk ngurusi tasnya mlorot tapi enggak mau brenti.

    6. Pake jas hujan kelelawar (poncho). Saya udah 2x nemuin rider yg ponchonya kesrimpet rante motor. Satu gubrak satu lagi enggak krn ponchonya robek.

    7. Riding dgn rante kendor. Saya sekali nemuin di bindaran HI Jkt, rider yg rantenya derail dari sprocket, masuk celah swing arm, roda belakang terkunci. Untung jalannya enggak kenceng jadi dia enggak sampe jatuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.