Penak sing maido aka lebih gampang mencela

penak sing maido

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel out of the topik tapi sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. yups,.. suatu waktu saya pernah membaca tulisan dibelakang bak truk saat riding dipantura batang. Tulisannya cuman terdiri dari tiga kata dalam bahasa jawa. Penak sing maido alias lebih gampang mencela atau enakan yang mencela.

(Baca : Belilah dagangan temanmu, kalau perlu jangan menawar )

Dulu saya pernah jualan mebel rotan didepan rumah. Yang namanya orang jualan sebagian besar tujuannya mencari untung. kalau tujuannya tidak mencari untung namanya sosial. Dalam berdagang, besaran keuntungan yang diambil bermacam-macam. Kebanyakan sih 10-20% dari harga barang. nah,.. dulu waktu saya jualan, sering mendapati calon pembeli yang nawarnya sadis dan kejam! menawar harga barang setengah dari harga barang. Walau saya sudah memberikan pengertian, namun sicalon pembeli tetep ngotot minta harganya setengah. tidak hanya itu, sicalon pembeli juga sambil nawar juga sambil maido alias mencela. di moment itu saya harus bisa mengendalikan emosi yang menggelegak. Semenjak kejadian itu mental saya jadi lebih kuat dan memiliki rasa empati. kalau memang nggak niat beli sebuah barang, mendingan nggak usah komen apalagi sampai maido atau mecela. yah,.. penak sing maido nggak mikir gimana susahnya sipedagang untuk tetap survive. (Maksudnya pedagang kecil ya).

penak sing maido

Nah,.. setelah mengalami sendiri gimana rasanya dipaido orang, saya jarang sekali maido orang. singkat kata saya kembali bekerja sebagai quality control mebel. Kalau saya menemui sebuah produk yang kualitasnya kurang bagus dan banyak defect atau cacat. Saya tidak maido sipembuat produknya, melainkan dengan cara-cara diplomasi dan diskusi mencari jalan keluarnya.

penak sing maido

so, perlu dipahami. Orang jualan memiliki berbagai macam strategi yang bertujuan menarik konsumen. Bila anda tidak suka, ya nggak usah maido dan nggak usah beli. kata status bijak seorang teman fesbuk yang bernama mbah Yoyok Sutrajo

About yudibatang 2359 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.