Struktur organisasi Honda di indonesia lebih solid dan jelas dibanding yamaha

struktur organisasi honda

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel lamunan sambil ngopi dan ngudud dipagi hari. tentang struktur organisasi Honda VS Yamaha. Mengamati dunia bisnis persepedamotoran di indonesia antara Honda dan yamaha. yups,.. dua brand sepeda motor Jepang yang paling berpengaruh di indonesia adalah Honda dan yamaha. Honda dulu dbawah naungan federal sudah duluan menancapkan kukunya di indonesia. Sekarang Honda di indonesia dibawah naungan Astra group dengan Nama Astra Honda Motor atau disingkat AHM. selang beberapa tahun kemudian baru yamaha menyusul. Yamaha di Indonesia dulu bernama YMKI atau singkatan Yamaha Motor Kencana Indonesia selanjutnya berubah nama menjadi Yamaha Indonesia Motor manufacturing.

(Baca : Reaksi cepat HC3 Astra motor center Semarang )

(Baca : Mampukah yamaha Indonesia mengulang tahun keemasan 2009?)

Pekembangan bisnis persepeda motoran berkembang sangat dinamis. Awalnya sepeda motor didatangkan secara gelondongan dari Jepang. lambat laun pabrikan berinvestasi dengan mendirikan pabrik sepeda motor di indonesia. Dengan berinvestasi di Indonesia tentu menguntungkan Indonesia. yups,.. salah satu keuntungannya mampu menyerap tenaga kerja.

struktur organisasi honda

Namanya bikin produk tentu harus ada bagian penjualannya atau bahasa kerennya marketing. Garda terdepan marketing sepeda motor ya para sales sepeda motor yang dengan gigih menawarkan dagangannya agar laku dan menutup target.

Okay,.. kembali pada judul artikel Struktur organisasi Honda di Indonesia lebih solid dan jelas dibanding yamaha. Maksutnya bukan struktur organisasi dipabriknya yah, melainkan struktur organisasi pembagian wilayah tertentu. Teringat sebuah percakapan di film G30S PKI, ingat sekali yang ngomong sambil klepas-klepus. kira-kira intinya begini “Untuk menguasai Indonesia kuncinya adalah Jawa.” 

Struktur organisasi Honda di pulau Jawa

Yups,.. Honda sadar betul untuk menguasai penjualan sepeda motor di indonesia kuncinya ada dipulau Jawa. Bahkan Honda sudah merambah ke bali, Sumatara dan lain-lain untuk menancapkan Brand image dengan tujuan utama penguasaan pasar sepeda motor di Indonesia. Secara garis besar Jawa terdiri dari DKI/Tangerang, Banten, Jawa barat, Jawa tengah, DIY dan Jawa Timur.

dealer honda terbesar

Nah,.. Honda sudah mulai All out memiliki road map dan tujuan yang jelas menguasai penjualan dipulau jawa sekitar tahun 2012 – 2013. (ini opini pribadi ya, mohon dikoreksi kalau keliru). Yups,.. Honda mulai mempertegas penguasaan wilayah disetiap provinsi dengan menunjuk satu dealer yang mengontrol distribusi, harga dan lain-lain. Untuk wilayah DKI Jakarta dan Tangerang ditunjuk Wahana. Pemasaran motor Honda di Banten dipegang Mitra Sendang Kemakmuran. Untuk Wilayah Jawa barat ditunjuk PT Daya Adicipta Motora. Untuk wilayah jawa tengah ditunjuk Astra motor Jawa tengah. Dulu sebelum tahun 2013 dealer astra motor itu kecil nyempil di daerah bubakan Semarang. Yang besar malah dealer Nusantara sakti, namun ditahun 2013 Astra motor pindah ke jalan gajah mada dengan bangunan yang sangat luas, besar dan megah.

biker akan bermatik ria
yudibatang pake motor suzuki address, jaketnya Honda helmnya yamaha

Untuk wilayah DIY ditunjuk Astra motor Jogjakarta. Untuk wilayah Jawa timur ditunjuk MPM Honda. Mereka semua bekerja dengan rapi, terorganisir dan pro aktif didunia nyata dan dunia maya. Mereka memiliki divisi kusus untuk berinteraksi dengan pelanggan via FB, Instagram dan lain-lain. bahkan istri yudibatang pernah menang kuis dari MPM Honda Jatim, padahla istri tinggalnya di batang jawa tengah. lumayan dapat voucher belanja 100 ribu. Para penguasa ditiap wilayah ini juga merangkul para blogger otomotif yang berdomisisli disekitar. Tentu bertujuan memantau dan seperti “mengendalikan” kontent blog yang akan dipublikasikannya.

blogger
Yudibatang bersama Iwanbanaran, Taufik TMC, Irfan Jombliz

Struktur organisasi Honda lebih solid

(Baca : Cara lepas dari sifat Fanatik merk motor )

Bagaimana dengan Blogger otongmotif fansboy kompetitor garis keras?. Nggak dipake,.. soale nggak ada untungnya. kerjaanya cuman maido,.. he..he. Bagaimana dengan Yudibatang sendiri? Bagi saya ngeblog itu buat hiburan dan bukan pekerjaan utama. Namun saya berusaha untuk tetap netral, tidak ikut kelompok blogger nganu dan tidak ngikut kelompok blogger ngitu. Biasanya mereka selalu berseberangan, tapi Alhamdulillah yudibatang tetap berhubungan baik dengan kedua kubu yang biasanya saling sindir dan serang.

maido

So,.. melihat sepak terjang Honda Di Indonesia, mereka sudah sepuluh langkah didepan kompetitor. Ora mung dodolan montor thok, semua dikelola dengan profesional dan konsisten.

Bagaimana dengan yamaha?. Hhmm,.. menurut opini saya struktur oganisasi Yamaha masih acak adut. Terutama semenjak tag linenya berubah dari “Touching your heart” menjadi “semakin didepan”. ada lagi geber hatimu,.. wis ra jelas. Entahlah maksudnya apa tag line semakin didepan itu. Wong namanya pertandingan atau kompetisi ya ada yang menang ada yang kalah. nggak bisa kalau maunya semakin didepan terus. Beda dengan Honda dengan dua kata tapi langsung mengena. Yups,.. One Heart atau Satu hati.

mio z yudibatang

Struktur organisasi yamaha menggunakan sistim bergilir. Contoh begini,.. kalau delaer terbesar disuatu propinsi biasanya disebut dengan nama yamaha Central. Nah,.. yamaha Central ini setiap tahun pengelolanya bergantian dari dealer sekitar daerah tersebut. Misalkan Yamaha Central Semarang. tahun 2018 dikelola Mataram sakti, kemudian tahun berikutnya dikelola dealer lain misalkan yamaha Agung. Jadi begitulah mengapa Honda Indonesia jauh lebih kuat dibandingkan dengan yamaha Indonesia.

About yudibatang 2295 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

13 Komentar

  1. Koreksi mbah Yudibatang,

    Pemasaran motor Honda di Banten dipegang Mitra Sendang Kemakmuran. Di wilayah Banten, Wahana kebagian Tangerang.

    Pemasaran motor Honda di Jawa Barat bukan Daya cipta Adira tapi PT Daya Adicipta Motora.

    Pemasaran motor Honda di Jawa Tengah bukan Astra Motor Center Semarang tapi Astra Motor Jateng. Astra Motor Center Semarang itu lebih kepada pusat (HSO) Astra Motor di Jawa Tengah.

    Kalau salah mohon koreksi kembali 😀

  2. warbyasah artikelnya mbah YB, kaget saya si mbah bisa begini juga hehe..

    Kira kira menurut mbah, kenapa yang garis keras malah gak kepake – selain gada untungnya karena kerjane mung maido thok??

  3. yup bener mbah, selain lebih jelas strukturnya, imho, pelayanan di dealer honda lebih “memanusiakan” konsumennya, terutama di daerah saya, Sulawesi Barat. Tenaga penjualan honda jauh lebih ramah dibanding merek lainnya, pelayanan after sales-nya juga lebih OK.

  4. mbah gimana caranya biar cucu juga bisa dikendalikan?

    Para penguasa ditiap wilayah ini juga merangkul para blogger otomotif yang berdomisisli disekitar. Tentu bertujuan memantau dan seperti “mengendalikan” kontent blog yang akan dipublikasikannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.