Memori Indah naik kereta ngrokok ngopi di restoran, sulit untuk terulang kembali

naik kereta ngopi ngrokok

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel out of topic tentang naik kereta api. Dulu naik kereta ngrokok ngopi masih diperbolehkan. Perkeretaapian di Indonesia memang terus berkembang dengan pesat. Mulai dari perbaikan menejemen, perbaikan system, cara pembelian tiket, penambahan jalur dan peremajaaan gerbong dan kereta terus dilakukan.

(Baca : nasib perokok dalam gerbong kereta api tak ada celah buat klepas klepus lagi )

Dulu naik kereta api itu bagaikan didalam neraka khususnya naik kereta api kelas ekonomi. sudah nggak ada Acnya hawanya panas semromong. Bangkunya ada lima baris, berhadap-hadapan. Banyak pula penumpang yang naik kereta ngrokok ngopi didalam gerbong. setiap stasiun selalu berhenti. banyak pengamen, pengemis, pedagang asongan hingga topeng monyet beroperasi didalam gerbong kereta. Beli tiket kereta nggak ada tertera tempat duduknya. pokoke bisa naik saja sudah bersukur. Saat-saat mudik lebaran banyak penumpang yang rela duduk diatas gerbong dan duduk didalam toilet. rela berdesakan saat mau naik hingga banyak juga yang naik lewat jendela.

naik kereta ngrokok ngopi

Saya ingat sekali saat masih sekolah SD diajak ibu saya naik kereta dari jakarta ke tegal naik kereta ekonomi legendaris yaitu Tegal Express. Penumpang uyel-uyelan, ada yang bawa ayam, bawa buah-buahan, bawa dagangan dan lain-lain. di Setiap stasiun selalu berhenti untuk menurunkan dan menaikan penumpang. Kadang saat terlelap tidur tiba-tiba terdengar suara keras pengamen,.. “Jrengg!! yah!! pada tidur semua!!”. Wedus temenan, mereka berteriak agar para penumpang yang tertidur segera terbangun dan mereka bisa melakukan konsernya.

naik kereta ngrokok ngopi di restoran

Dikelas eksekutif agak lumayan kondisinya. tempat duduknya lebih manusiawi ada empat baris dan bisa disetel posisi sandarannya. gerbongnya AC dan ada televisinya. Namun walaupun sudah dilengkapi air conditioner, penumpang masih diperbolehkan merokok. tempat merokoknya boleh di gerbong restoran dan di bordes atau ruangan diujung-ujung kereta antara dua pintu. Saya masih mengalaminya naik kereta ngrokok ngopi di gerbong restoran saat perjalanan dari Cirebon ke jakarta sekitar tahun 2011. memori indah itu akan sulit untuk terulang kembali. yah,..karena sekarang peraturannya sangat ketat. bila ada penumpang ketahuan merokok akan diturunkan distasiun terdekat berikutnya.

naik kereta ngrokok ngopi

Para penumpang perokok ini benar-benar dibatasi akses dan kesempatan merokoknya. Boleh merokok saat kereta api berhenti distasiun. Tempatnya diperon stasiun yang ada tanda tempat merokok dan garis warna kuning. kalau anda merokok diluar garis kuning, biasanya akan ditegur oleh petugas. Saya berharap kedepannya PT. kereta Api menyediakan gerbong khusus untuk perokok. Bagaimana menurut anda?

About yudibatang 2364 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

7 Komentar

  1. Sri Tanjung Lempuyangan Gubeng. Kenangan Surabaya hott. Hot di gerbong hot di kamar. Dari sby ke yk, selepas madiun sudah repet2. Sudah gak bejubel. Bisa slonjor. Pesen Kopimik panas gelas plastik cilik. Paspus balbul udud djarum76. Sepuluh tahun yang lalu. Cuma 20 rb masih susuk seribu bisa dolan jauh. Sendirian, bebas tur ngirit

  2. Boleh mas disediain gerbong rokok tapi modelnya yang terbuka tuh model gerbong barang trus letaknya paling belakang sekali….atau dekat sama loko biar sekalian bisa kena asep dieselnya 😀

  3. Yg paling bagus sih berhenti merokok aja, mas Yudi. 😆
    Jadi bisa duduk di mana aja, enggak repot minta PT KAI nyediain kereta khusus buat ngerokok segala. 😆

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.