Perjalanan Marlboro menjadi sponsor Tim Motogp

marlboro menjadi sponsor

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker ,.. Dulu sebelum aturan tentang kampanye anti rokok muncul, merk-merk Rokok diperbolehkan menjadi sponsorship di tim motogp. Sebut saja Marlboro, Lucky strike, Gauloises, Camel dan lainnya. Namun seiring ketatnya kebijakan negara-negara di eropa sana mengatur ketatnya kampanye rokok, satu persatu brand rokok pada hilang di tim-tim motogp. Sekarang tinggal satu merk rokok yang konsisten menjadi sponsor utama tim motogp, yups ,.. Marlboro menjadi sponsor Tim Motogp.

(Baca : Sejarah monster energy drink )

marlboro menjadi sponsor

Adalah sebuah usaha yang wajar bila sebuah perusahaan mengendorse atau mengkampanyekan brand produknya agar dikenal dan terus dikenal oleh orang. Biasanya perusahaan tersebut menjalin kerjasama sponshorsip dengan sebuah tim olah raga, dengan atlit, artis ataupun pejabat pemerintahan. Misalkan brand sebuah minuman kerja sama dengan menjadi sponsor utama sebuah tim balap motor. Contoh lain brand pelumas mesin  kerja sama dengan menjadi sponsor utama sebuah tim balap mobil dan masih banyak contoh yang lainnya.

Marlboro menjadi sponsor Tim Motogp

Marllboro adalah salah satu merk rokok terkenal didunia. Tercatat Salah satu kesuksesan Marllboro menjadi sponsor utama tim Yamaha di tahun 90an dengan mengantarkan Wayne Rainey menjadi juara dunia 3 kali beruntun. Selanjutnya Marlboro selama empat tahun menyeponsori tim Yamaha dikelas GP500 dengan pembalap Max Biagi. (1998-2002) Sebelum gabung  kemotogp sebenarnya Max Biagi adalah pembalap yang sukses dikelas 250cc dengan menjadi empat kali mahkota juara. Namun dengan Max Biagi, dikelas utama (GP500) Marllboro tidak pernah merengkuh mahkota juara.

Lepas dari yamaha, Marlboro menjadi sponsor utama tim Ducati, yang waktu itu pembalapnya adalah Loris capirossi. Ditahun 2007 Marlboro dan Ducati sukses merengkuh gelar juara dunia bersama Casey stoner. Hingga sekarang Marllboro masih aktif menjadi sponsor tim Ducati walau sudah tidak ada atribut yang berbau-bau merk rokok Marllboro. Namun kebetulan warna utama Ducati itu merah selaras dengan warna utama Marllboro.

Ditahun 2016, warna motor Ducati sudah tidak dominan merah melainkan ada warna lain yaitu putih. Warna motor tim Ducati jadi persis dengan warna merah putih “trade mark” Marlboro. Ditahun 2019, marlboro semakin tidak punya tempat untuk menempelkan atribut yang berbau-bau brand Marlboro.

marlboro menjadi sponsor

Namun mereka menyiasatinya dengan menempelkan nama sebuah project yang bernama “Mission Winnow”. Walau sudah tidak ada “aroma” rokok di livery motor ducati, namun ada satu sirkuit yang melarang tim ducati menempelkan tulisan Mission Winnow. Akhirnya tulisannya diganti dengan tulisan nama pembalapnya masing-masing yaitu Dovi dan Petrux.

About yudibatang 2317 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.