Dilema motuba bosok, mau diperbaiki apa dikampak

motuba bosok
Bro Susilo pakar Motuba

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Motuba bosok alias mobil tua bangka yang sudah sangat parah kondisinya. Namanya mobil bekas tentu kondisinya sudah tidak sebagus mobil keluaran baru. Motubapun banyak jenisnya, ada motuba capek, motuba simpanan, motuba istimewa dan motuba bosok. Kondisi motuba sebenarnya tergantung dari perilaku pemiliknya. kalau pemiliknya tahu tentang seluk beluk mobil dan rajin merawat motubanya, biasanya kondisi motubanya juga lebih baik.

Namun ada juga motuba bosok. Biasanya kondisi motubanya sudah sangat parah. Sudah menjadi ciri khas, memiliki motuba itu harus siap perih menghadapi kenyataan. Pengalaman pribadi memiliki motuba dan ingin selalu motubanya tampil fresh, hampir setiap bulan selalu saja ada part yang minta diganti. Yups,.. dulu pas beli motuba saya benar-benar nubitol alias tidak tahu apa-apa tentang permotubaan. Pokoke tuku. Ternyata setelah motuba di pinang, banyak part-parta yang perlu diperbaiki dan diganti. Misal bulan ini servis kaki-kaki seperti bal join, T road, suara gludag-gludug dan lain-lain. Bulan depannya serivis alternator atau dinamo ampere.

( Baca : Biaya servis dinamo ampere )

motuba bosok

Bulan depannya lagi biar performa motuba saya lebih fresh, silinder head saya lepas dan dipapas serta di amplas permukaaan ruang bakarnya. Memang performa motuba jadi lebih mantab namun juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

( Baca : Papas silinder head bikin mesin motuba jadi fresh  )

Dilema motuba bosok

Nah,.. dulu yudibatang punya kenalan seorang pengusaha mebel kecil-kecilan dan memiliki motuba carry bagong pick up. Dan dengan motuba carry bagung inilah yudibatang mulai belajar nyetir mobil. Motuba Carry bagong ini untuk operasional menganggkut kursi rotan dari pengrajin menuju kepabrik. Saat itu motuba carry bagong di upgrade dengan mengganti piston yang lama dengan piston baru. pistonnya empat biji. part-part pendukungnya juga diganti baru semua. Setelah motuba diservis, motuba carry bagong performanya jadi lebih mantab. namun sebulan berlalu, mesin motuba carry ini mulai ngadat lagi dan minta diganti lagi. Nggak hanya itu, kaki-kaki juga minta diperbaiki semua.

motuba bosok

Karena pusing dengan kondisi motuba bosok carry bagong yang minta jajan terus, akhirnya siowner menjualnya. Dan ternyata motuba carry bagong dijual dengan cara dikilo!. jadi sipembeli datang kepabrik kemudian sicalon pembeli menakar harga motuba dan menawarnya. Setelah nogosiasi, motuba bosok itu dibeli dengan harga 4 juta rupiah saja dan akan dikampak serta dipreteli part-partnya dan dijual terpisah.. Dusssnan!! dan proses mengangkutnya motuba carryb tersebut ditarik dengan tambang oleh mobil dipembeli. Waduh,.. memang dilema motuba bosok. mau dijual apa dikampak.

( Baca : mengapa penjual onderdil bekas disebut Kampakan )

About yudibatang 2359 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.