Cara aman menyalip truk dijalan raya satu arah

cara aman menyalip truk

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel pengalaman berkendara. Yups,.. yudibatang telah memiliki banyak pengalaman berkendara melintasi jalan raya pantura. Tercatat saya mulai naik motor jarak jauh semenjak tahun 2004 hingga sekarang. Mulai dari melintasi Batang ke semarang hingga ke Jepara. Dari batang menuju ke cirebon pulang pergi hingga riding jarak jauh sendirian ke Jakarta. Jalan pantura merupakan jalan utama penghubung antara propinisi dari ibukota ke Jawa Barat kemudian ke jawa tengah hingga ke Jawa timur. Dan jalan pantura ini digunakan oleh truk-truk besar. Dari pengalaman tersebut saya memiliki tips atau cara aman menyalip truk dijalan raya satu arah.

cara aman menyalip truk

( Baca : 9 kendaraan yang perlu diwaspadai agar jangan terlalu dekat saat riding )

Truk merupakan kendaraan yang tinggi dan berdimensi besar yang dirancang untuk mengangkut barang. Pada umumnya truk memiliki kubikasi dan power yang besar agar kuat mengangkut beban. Truk hanya dibekali kabin untuk tiga penumpang dibagian depan. Kendaraan truk ini memiliki banyak titik buta alias blind spot. Blind spot ini membuat pandangan sopir truk sangat terbatas. Hingga anda harus benar-benar hati-hati saat bertemu truk dijalan raya. Oh iya, karena umumnya truk mengangkut beban yang berat, truk tidak mampu untuk melakukan pengereman mendadak jarak yang terlalu dekat. Truk membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh dibandingkan dengan kendaraan lain yang berdimensi lebih kecil.

naik motor ban bocor
yudibatang saat naik motor di perbatasan Klaten – Jawa tengah

Saya sering melihat pengendara entah itu pengendara roda dua maupun pengendara roda empat yang kesulitan bahkan hingga terjadi kecelakaan saat hendak menyalip truk.

Begini cara aman menyalip truk dijalan raya satu arah versi yudibatang.

1.Konsentrasi

Saat berkendara dijalan raya satu arah memang keuntungannya kita tidak akan berpapasan dengan kendaraan lain dari depan. namun kita juga tetap harus konsentrasi saat mau menyalip truk. Jarena bila anda tidak konsentrasi atau meleng dikit saja bisa fatal akibatnya.

2.Jaga Jarak aman dengan truk didepan

Saat anda akan menyalip truk, anda harus menempatkan kendaraan anda pada jarak yang cukup aman. Menurut saya pribadi jarak aman kendaraan kita dengan truk didepan minimalnya 5 meter.

3.Bunyikan klakson atau nyalakan lampu dim

Salah satu cara aman menyalip truk adalah dengan membunyikan klakson kendaraan anda. Tujuannya agar sopir truk menyadari kalau ada kendaraan yang akan mendahuluinya. Biasanya supir truk juga akan memberikan kode dengan cara melambaikan tangan seperti mempersilahkan lewat.

4. melambat sejenak menunggu reaksi truk didepan.

Poin nomer ke empat maksudanya bila anda akan menyalip truk didepan namun truk yang didepan juga sedang mendahului truk lain. Biasanya anda akan mengekor dibelakang truk menunggu truk didepan anda selesai mendahului truk disampingnya. dan anda akan langsung mendahului dari sisi kiri truk. Disini sering terjadi pengendara yang akan menyalip “kecele”. Yups,.. ketika anda mau ambil kekiri ternyata truk didepan juga ikut ke arah kiri. Dan andapun harus mengurungkan ambil kiri dan berusaha langsung ambil kanan. ternyata dikanan depan ada truk lagi. Bila jarkanya sudah terlalu dekat, biasanya akan terjadi tabrakan. Ngeri bro..

cara aman menyalip truk

Bagaimana cara amannya? Caranya anda tetap mengekor dibelakang truk yang sedang mendahului truk lain namun anda perlu melambat sejenak dan menunggu reaksi truk didepan anda. kadang ada truk yang tetap berada dikanan namun kadang ada juga truk yang langsung ambil kekiri karena didepan ada kendaraan lain. Nah,.. setelah anda mengetahui kemana arah truk, Bunyikan klakson dulu barulah anda menyalip truk tersebut.

(Baca : Riding via pantura? kenali Cara berputar arah truk tronton tanpa kernet )

Semoga berguna

About yudibatang 2359 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.