Box Filter udara bisa menjadi penyebab mesin ngempos

mesin ngempos

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Box Filter udara merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai alat penyaring udara yang sebelum masuk kedalam proses pembakaran. yups,.. sebuah mesin bisa bekerja dengan baik tentu membutuhkan campuran antara bahan bakar dan udara. Udara yang masuk ke dalam ruang bakarpun akan lebih baik kalau udaranya bersih. Kalau campuran udara dan bensin tidak pas, bisa menyebabkan mesin ngempos. makannya setiap motor standar pabrik selalu dilengkapi dengan filter udara yang berada dalam box filter udara.

( Baca : Pengalaman naik motor mogok malam hari di jalan pantura brebes)

Nah,.. bila ruang mesin tidak mendapatkan pasukan udara, maka kineja mesin akan terganggu dan menyebabkan mesin berhenti mendadak alias mogok. Bila anda pernah mengalami kejadian mesin motor sepetri tidak bertenaga. Gas diplintir sampai pol tapi motor ngempos dan nggak bisa lari kenceng.

mesin ngempos

Pengalaman naik motor mesinnya ngempos seperti ini pernah saya alami. Terjadi ditahun 2008. saat  itu saya sedang naik motor dari Semarang hendak pulang ke Batang Jawa tengah. Berangkat dari Semarang sekitar habis maghrib. Saat pertama motor dibawa jalan blm terasa gejala mesin ngempos. Sekitar jam delapan malam saya melintas di jalan lingkar weleri kendal. Kendaraan yang melintas dijalan lingkar weleri Jawa Tengah pada saat malam hari rata-rata melaju kencang. yah..karena jalan lingkar relatif bebas “hambatan” . Pemotorpun demikian, rata-raata pada melaju kencang. Dan dulu sebelum ada jalan tol, semua bis malam pasti lewat jalan lingkar weleri. Dan gerombolan bus malam yang menuju Jakarta rata-rata larinya kencang. kalau ada pemotor yang berjalan pelan dan tidak mau minggir, kadang akan disasak oleh bus – bus malam tersebut.

Mesin ngempos saat motor mendahului bis

mesin ngempos

Sewaktu saya lagi mendahului bis malam dan posisi motor sudah didepan bis, tiba-tiba mesin ngempos dan power motor ngedrop!! motor melambat sendiri. waduh! nggak bisa lari nih motor!. Bis malam tersebut menghindari saya dan mengklakson keras-keras “thot!..thot!!”. dan sikernet teriak -teriak “baji**gan…minggir..!!” Hampir saja saya ketabrak bis. saya minggir mlipir dibahu jalan. motor cuman bisa lari 10 km/jam. Saya paksakan motor tetap jalan walau melaju sangat pelan sekali. sampe dipos polisi alas roban, saya berhenti. Kemudian diskusi dengan pakpolisi yang berjaga diPos tersebut, pak polisi juga tidak tahu apa penyebab motor saya ngedrop. Ya..wis..jalan lagi walau cuman lari 10 km/jam, ahirnya sampe rumah juga.

lubang filter udara vixion
lubang filter udara yamaha Vixion

Keesokan harinya saya periksa sendiri kondisi motor. Saya cek busi, cek kelistrikan, cek bbm di dalam tangki, semuanya normal. Setelah saya buka jok motor, ternyata masalahnya ada dilubang box filter udara yang tersumbat jas hujan. Untuk para bikers penguna semua jenis sepeda motor, hati-hati jangan manaruh benda-benda yang bisa menyumbat lubang box filter udara, seperti jas hujan, gombal, tas kresek dan lain-lain. Karena dengan tersumbatnya lubang box filter udara, proses pembakaran menjadi tidak balance (campuran udara dan bensin tidak seimbang) dan mengakibatkan mesin ngempos dan power motor jadi ngedrop.

About yudibatang 2425 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

2 Komentar

  1. Klo tiap saat kepala piston berada di atas langsung businya meledak, pasti tenaga mesin berlipat ya mbah. Kasian melihat polah tingkah piston yang sedang bekerja di animasi tsb.
    Tapi bengsin juga boros. Bisa dua kali lipat juga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.