Pengalaman naik bekakas yang tak terawat, bikin jantung deg-degkan

naik bekakas
Poto ilustrasi

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Just info bekakas singkatannya bergejil suka motor bekas. Nah,.. motor bekas atau motor yang dibelinya bukan dari baru alias belinya dalam kondisi sekond hand. Motor bekakas ini kondisinya macam – macam. Ada bekakas yang kondisinya terawat, ada bekakas yang kondisinya apa adanya dan adapula bekakas yang kondisinya tidak terawat atau bosok bin bodol namun masih bisa nggilinding. Kebetulan yudibatang memiliki pengalaman naik bekakas yang kondisinya tak terawat.

( Baca :Ketemu Motor bosok suzuki, sudah mau ambrol tapi masih dipakai )

Suatu hari yudibatang pulang kerumah di Desa Balapulang kabupaten Tegal. Di rumah ada satu kakak beserta keluarganya yang tinggal bersama ibu. Motor operasional kakak ini termasuk bekakas. Yups motor bekas Honda Supra Fit keluaran tahun 2006. Saat yudibatang menikmati segelas kopi sembari klepas klepus di teras rumah, tak sengaja yudibatang mengamati bekakas milik kakak ini.

ganti kampas rem
piringan cakram yang terkikis oleh besi bantalan kampas rem

Pertama pandangan saya tertuju pada kondisi rantai. Rantainya sudah nglowor sekali dan setelan rantai sudah mentok tok nggak bisa dikencengin lagi. Kedua pandangan saya tertuju pada piringan cakram repan depan. Yups,.. kondisinya sudah tipis sekali termakan kampas rem depan yang sudah habis dan menyisakan besinya doang. jadinya saat tuas rem depan ditarik, terjadi adu besi antara cakram rem depan dengan besi kampas rem.

Pengalaman naik bekakas yang tak terawat

Kemudian saya memberitahu kakak tentang kondisi bekakasnya yang perlu ganti spare part. Ternyata kakak cuman meringis doang malahan ngasih tahu kalau ban dalam bekakasnya juga tembelannya sudah banyak. Dussnan!!. Lalu saya coba naiki bekakas Honda supra fit ini jalan menuju minimarket terdekat untuk membeli rokok. Dan… Motor dibawa jalan terasa nggak enak banget.  Mulai dari mesin yang menyalakannya harus diengkol dulu. Pas jalan mesinnya terasa kasar. Saat buat ngerem, harus menginjak tuas rem belakang dalam – dalam. laju motor susah untuk langsung berhenti alias harus mblandang dulus sebentar. Hadehh.. bikin jantung deg-degkan bro.

bekakas
Gear set Honda Supra fit

Minggu depannya saat saya sudah punya uang, saya belikan beberapa spare part bekakas Honda Supra fit. Seperti gear set, kampas rem depan dan rem belakang, busi dan oli mesin.  Tujuannya untuk mengupgrade performa bekakas punya kakak. Agar kalau dinaiki tidak bikin jantung deg-degkan.

( Baca : upgrade dan ganti biaya fast moving part motor eprek-eprek honda supra fit )

About yudibatang 2419 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.