Radiator tester , alat pengetes kondisi radiator dan tutupnya

radiator tester
alat pengetes tutup radiator

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel pengetahuan tentang part yang bernama radiator. Radiator umunya digunakan oleh kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil yang menggunakan sistim pendingin cairan. Nah,.. ternyata radiator dan tutupnya ada batasan pemakaiannya. Ada alatnya namanya radiator tester. Alat ini fungsinya Untuk mengetahui kondisi radiator dan tutupnya apakah masih bagus atau tidak.

(Baca : Solusi instant mengatasi radiator yang bocor alus )

radiator tester
radiator yamaha touch

Namun jarang masyarakat yang tahu dengan alat tersebut. Apalagi pengguna motuba dan bekakas. kalau radiatornya bermasalah atau bocor ya dikorok dulu terus ditambal he..he. yah karena harga part radiator umunya mahal. Saya mengetahui alat pengetes radiator ini pada tahun 2011. Waktu saya servis motor di bengkel resmi Yamaha JG Motor atau Yamaha Central Cirebon. Radiator testeer ini bentuknya seperti pompa sepeda manual atau semprotan nyamuk jadul. Terus bagaimana mengoperasikan alat pengetes radiator ini?

Radiator tester mengetes kondisi radiator

Berikut poto urutan pengoperasian radiotor tester saat mengetes kondisi radiator dan penjelasannya silahkan disimak baik-baik.

alat pengetes radiator

alat pengetes radiator

Penjelasan posisi jarum penunjuk pada gambar atas adalah sebagai berikut. “Bila Jarum menunjukkan angka diatas 100 kpa dan tetap (tidak turun) berarti radiator tersebut masih bagus, Namun bila jarum menunjuk keangka seratus kpa kemudian turun berarti radiator tersebut sudah bocor atau tidak bagus”. oh..ya jangan lupa sebelum mengetes radiator kosongkan dulu air radiatornya. Kalau nggak dikosongkan alat tidak bisa bekerja dengan sempurna.

Radiator tester mengetes kondisi tutup radiator

Berikut poto urutan pengoperasian radiator tester saat mengetes kondisi tutup radiator dan penjelasannya silahkan disimak baik-baik.

alat pengetes radiator

Penjelasan posisi jarum penunjuk adalah sebagai berikut.

*Bila jarum menunjuk kearah 100 kpa dan berlahan-lahan turun, berarti kualitas tutup radiator tersebut masih bagus. Namun Bila jarum menunjuk kearah 100 kpa dan tidak turun, berarti kualitas tutup radiator tersebut tidak bagus*

Bila tutup radiator sudah tidak bagus tapi tetep dipake, pada corong yang mengarah kebox filter udara akan keluar uap dan air panas. dan bila dibiarkan terus-menerus lama-lama seal water pumpnya akan jebol.

 

About yudibatang 2419 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.