Ganti ban motor anda bila handling motor mulai terasa nggak enak

ganti ban motor

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. ban merupakan salah satu komponen terpenting pada sepeda motor. Tanpa ban sepeda motor tidak bisa jalan. Di balap motogp peranan ban sangat penting hingga menentukan hasil balapan. Nah,.. begitu pula dengan ban motor yang ada pada motor kita. Bila handling motor mulai terasa nggak enak dan ban sudah lama diganti. maka anda harus segera ganti ban motor nada.

(Baca : Pengalaman naik bekakas yang tidak terwawat, bikin jantung deg-degkan )

kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang gejala-gejala yang dirasakan ketika anda harus ganti ban motor berdasarkan pengalaman pribadi dan “jam terbang” yang tinggi dalam berkendara. Bila dilihat dari bentuk fisik ban, tanda fisik bisa dikenali dari hal-hal seperti ada beberapa perubahan pada bentuk ban. misal permukaan ban sudah botak tergerus aspal karena pemakaian. permukaan ban tidak rata atau bergelombang dan permukaan ban seperti ada benjolan. Hal ini dipengaruhi oleh karakter berkendara sibiker, kualitas ban, Jenis ban, tipikal jalan yang sering dilalui dan seberapa lama motor dipakai dalam kesehariannya.

Namun sebenarnya kita juga bisa mengetahui kapan waktunya harus ganti ban motor dengan cara merasakan gejalanya ketika motor dipakai jalan. Yang paling dirasakan ketika harus ganti ban motor adalah handling motor terasa nggak enak. Selain handling motor nggak enak ada beberapa gejala yang dirasakan bila ban motor sudah minta diganti.

ganti ban motor

Gejala yang dirasakan dan harus ganti ban motor

1. Akselerasi motor berkurang. Hal ini bisa dirasakan oleh pengendara motor yang kesehariannya selalu menggunakan motor “pegangan” alias motor yang make hanya biker tersebut.

2. Saat kita mengerem, ban terasa oleng kekanan dan kekiri.

3. Bila motor digunakan melewati jalan berpasir dan kita sedikit mengerem, ban motor serasa “ngesot”. Bila ngeremnya pada kecepatan tinggi, dijamin langsung ndlosoorr.

4. Bila dipake pada jalan aspal yang rata dan mulus, motor terasa melaju tidak mulus. terasa seperti agak naik turun.

5. Ketika motor dibawa jalan, ban serasa kempes. namun saat berhenti dan dicheck kondisi bannya masih bagus alias tidak kempes. Nah bila anda merasakan gejala seperti diatas pada motor anda, itu pertanda ban motor anda harus segera diganti. Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan. ban gundul bin botak karena tergerus saat pemakaian dilarang keras dipakai saat kondisi hujan. karena selain daya cengkeramnya kurang, ban gundul juga bisa menyebabkan motor terpeleset dan jatuh.

About yudibatang 2419 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

1 Komentar

  1. bisa jd ganti mtr baru bila mtr ngk ke rawat lbh murah, banding bela belain ganti part banyak ….. mesin suspensi ke listrikan blabla bla ….ngerawat + kenyamanan & keamanan lbh mahal dr motor baru bila anda tdk niat ngerawat motor sejak lama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.