Tahu diri saat berkunjung atau kopdar dan dijamu teman

tahu diri saat berkunjung
poto Mbah Susilo Pandoyo

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel lain dari yang lain. Walau kelihatannya sepele namun Etika Tahu diri saat berkunjung atau kopdar dan dijamu teman tidak semua orang memahaminya. Maksudnya bagaimana sih?. Okay,.. saya kasih contoh nyata yang terjadi pada pengalaman saya sendiri. Waktu itu saya pernah ditolong dan dijamu oleh rekan dunia maya yang baru pertama kali bertemu. artikelnya ada dibawah ini :

(Baca : Pengalaman keleleran dijakarta dan ditolong mbah Susilo master motuba)

Pada cerita pengalaman diatas, Mbah Susilo dengan tulus menolong saya yang sedang mengalamai kesulitan di daerah Jakarta. Padahal saya bukanlah sodara, kenalan atau tetangga mbah susilo. Namun mbah Susilo tanpa pamrih tetap menolong saya. Salut buat jiwa sosial mbah Susilo. Nah,.. saya yang sudah ditolong oleh Mbah susilo, saya juga harus tahu diri. sudah ditolong janganlah meminta yang macam-macam. Yups,.. saya menyadari mbah susilo punya keluarga. Dan sayapun tidak mau merepotkan anggota keluarga Mbah Susilo. caranya gimana? Caranya ya saya pulang duluan sebelum mereka bangun. karena kalau mereka sudah bangun sedangkan saya masih tertidur, kan ora sopan.

DOA IBU SEPANJANG JALAN

Dan bila saya pulangnya tidak segera, tentu keluarga mbah susilo akan berusaha membelikan sarapan, membuatkan minuman dan lain sebagainya. Dan hal itu sudah merepotkan keluarga Mbah Susilo. saya harus tahu diri ,.. sudah ditolong ya jangan membuat repot yang nolong.

Tidak tahu diri saat berkunjung itu menyebalkan

Nah,.. Orang yang tidak Tahu diri saat berkunjung atau kopdar itu sangat menyebalkan. Contoh kejadian yang dialami teman saya dari Semarang namun tinggalnya dijakarta. sebut saja namanya pak Ceto. Pak Ceto kedatangan rekan medsos dari kota lain dan mengajak kopdaran. Sebut saja namanya sodrun. Sodrun menginap disebuah hotel, pak Ceto menemui Sodrun di hotel teesebut. Keduanya keluar mencari makanan khas yang ingin di cicipi sodrun. makanan khasnya sebut saja sate trenggiling.

Nah,.. saat mereka berdua selesai makan sate trenggiling, pak Ceto yang membayar semuanya. namun ternyata sodrun mau membungkus sate trenggiling sebanya tiga porsi!! Weidyan!! untungnya stok sate trenggilingnya habis. nah,.. itulah contoh orang yang Tidak tahu diri saat berkunjung atau kopdar dan dijamu teman. jadi mungkin intinya ada pada masalah ADAB atau tata krama berinteraksi dengan teman. Bagaimana menurut pendapat anda? apakah anda seperti sodrun? he..he.

About yudibatang 2663 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

10 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.