Yamaha mulai Fight back!?, Luncurkan tiga motor dengan desain dan fitur bagus.

yamaha mulai fight back

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Yamaha Indonesia membuat sebuah kejutan pada hari Senin 2 Desember 2019. Bisa dikatakan pergerakan yamaha ini nyaris tidak tercium oleh mata-mata. Yups,.. Secara tiba- tiba Yamaha Indonesia luncurkan 3 jenis motor baru, Yamaha Mulai fight back!?.

Baca : Baca Mampukah yamaha Indonesia mengulang tahun keemasan 2009?

Flashback sepuluh tahun lalu, tepatnya di tahun 2009. Yamaha pernah mencatatkan rekor penjualan yang nyaris menggungguli kompetitor abadinya. Siapa lagi kalau bukan Honda. Namun usaha untuk mewujudkan prestasi itu bukanlah hal yang mudah. butuh proses panjang hingga mencapai grafik teratas. Saat tren motor 2 tak sudah mulai menurun, yamaha sudah mulai memunculkan produk motor bebek “transisi” dari dua tak menuju ke empat yaitu yamaha Cripton. Baca : yamaha Crypton motor bebek empat tak pertama yamaha Indonesi.

Saat itu motor bebek bermesin C series keluaran Honda begitu sangat di gemari dan mendominasi pasar. diatun 1997an, suzuki mengeluarkan jagoan bebek empat tak tiada tanding. Yups dialah Suzuki Shogun 110 atau sering disebut Suzuki Shogun kebo karena bodinya yang gambot lembih semok dari motor bebek yang sudah ada. Sayangnya suzuki memdiskontinyu Suzuki Shogun 110 dan menggantinya dengan suzuki shogun berbody ramping. Suda nggak begitu laku, suzuki kembali mengeluarkan suzuki Shogun 125 dan pasar suzuki semakin menurun.

yamaha terus menurun

Saat itu Honda masih berjaya dengan klan supra bapak. Dan di moment ini Yamaha meluncurkan Yamaha Jupiter gen awal. Ternyata pasar merespon dengan baik. Maka keluar lagi versi baru dari Jupiter yang diberi tambahan huruf belakang “Z” dan lampu depan verdesai laksana mata burung hantu. Yamaha Jupiter Z ini sering disebut Jupiter Burhan alias Burung hantu.

ditahun 2004 yamaha mengeluarkan motor yang benar-benar baru. Yups,.. motor skutik yamaha Mio. Diluar dugaan Yamaha Mio mendapat respon bagus di pasar. Market share yamaha terus merangkak naik menggeser suzuki yang terpental diposisi ketiga. Dulu yamaha Mio merupakan rajnaya motor matik sebelum dikudeta Honda beat. Honda masih merajai diposisi pertama.

Yamaha mulai fight back dengan vixion

Ditahun 2006, yamaha Indonesia mendiskontinya motor 2 tak andalannya. Yups,.. yamaha RX King. Namun ternyata yamaha sudah mempersiapkan suksesornya. Puncaknya di tahun 2007 akhir, Yamaha mengeluarkan suksesor dari yamaha RX King. Lahirnya yamaha Vixion gen satu. Saat itu yamaha vixion benar – benar memiliki daya tarik tersendiri. Yups,.. yamaha Vixion unggul segala-hglanaya dari motor kompetitor saat itu yang tekhnologinya sudah ketinggalan. Saat itu motor sport naked yang berada dipasaran adalah Honda Tiger 2000, Honda Mega Pro primus (mata Bulat) dan suzuki Thunder. Ketiga motor sport tersebut mengusung tekhnologi yang sudah usang. yups mesin SOHC, dua klep berpendingin udara, masih menggunakan karburator dalam systim pembakarannya dan rangkanya rangka pipa.

Yamaha Vixion hadir dengan fitur dan tehnology yang jauh lebih unggul. Mesin yang benar-benar baru. mesin 4 tak, 4 klep, berpendingi cairan plus dyasil cilinder. sudah memakai Injeksi untuk system pembakarannya serta rangka sudah memakai rangka delta box. Yamaha Vixion mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Ada banyak blogger R2 yang juga ikut meminang yamaha Vixion. Mereka antara lain Mbah taufik hidayat owner TMCBlog.com, Mbah Leopold Sudaryono pemilik blog 7leopold7.com dan saya sendiri ikut meminangnya ditahun 2008.

Dan yamaha vixion milik saya saat itu sangat terkenal dan fenomenal. Yups,.. dengan sedikit ubahan, yamaha vixion saya yang diberi nama Sikibaliyut memiliki Top speed 150 km/jam dan banyak videonya bertebaran di youtube. Puncaknya ditahun 2009 market share yamaha Indonesia terus bergerak naik dan hampir menggungguli Honda. namun honda langsung berbenah dengan mengupgrade produk-produknya. Selanjutnya Market share yamaha terus menurun dan Honda kembali berjaya. Saat ini Astra Honda motor sudah memegang sekitar 80% market share sepeda motor Indonesia. Uwedan!! sisanya yang 20% dibagi antara yamaha, suzuki dan kawasaki.

yamaha mulai fight back

2019 yamaha mulai fight back

Nah,.. ditahun 2019 ini, sepertinya yamaha mulai fight back. Yups,. Yamaha mengeluarkan tiga produk baru yang speknya secra umum ungguk dari motor kompetitor. produk baru itu adalah Yamaha New Nmax 155 2020, Yamaha XSR 155 dan yamaha WR155R. Secara desain dan performa, ketiga jagoan baru yamaha Indonesia ini berpotensi menguasai dikelasnya masing-masing. Dan sudah langganan, Bila salah satu pabrikan mengeluarkan jagoan barunya, maka fans boy pabrikan lainnya akan maido dan mencari cacatnya. Mampukah yamaha kembali mengulang masa kesuksesannya? hanya waktu yang bisa menjawabnya.

About yudibatang 2522 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

6 Komentar

  1. Kalau belum bisa menyaingi penjualan beat, dengan produk baru yg lebih value & design ciamik , maaih akan tertinggal jauh market share nya.
    Tapi dengan produk yg di launching berbarengan tsb menandakan yamaha mulai serius untuk fight back.
    Sambil nunggu mio gear…..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.