Mengenal Torakusu Yamaha sang pendiri Yamaha

pendiri yamaha

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Anda pengguna sepeda motor yamaha, anda pengguna alat musik yamaha seperti gitar dan piano?. tahukah anda siapa pendiri merk yamaha. Berikut ini artikel tentang mengenal Torakusu yamaha sang pendiri yamaha.

(Baca : Mengenal Charles Good year sang penemu ban karet)

Yamaha Torakusu dilahirkan pada tanggal 20 April tahun 1851. Yamaha Torakusu merupakan anak laki-laki ketiga dari Yamaha Konosuke. Ayahnya adalah seorang petugas astronomi pada pemerintahan Tokogawa Hanshi di wilayah Kishu, wilayah tersebut Sekarang bernama provinsi Wakayama, Jepang. Yamaha Torakusu tumbuh besar dan seringl melihat pekerjaan ayahnya dan suka mengotak-atik perkakas, mesin dan peralatan lainnya. Hal itu membuatnya tertarik pada perkakas, mesin dan sejenisnya. bahasa gampangnya suka otak -atik atau DIY.

pendiri yamaha
Torakusu yamaha

Selain itu tangan terampilnya mengantarkannya belajar tentang pembuatan jam ke Nagasaki. Pada waktu berada di Nagasaki, Yamaha Torakusu menguasai juga peralatan medis. Dan sejak tahun 1884 dia mulai mengunjungi rumah sakit di Hamamatsu untuk memperbaiki peralatan medis.

Dimulai dari keberhasilannya mereparasi organ rusak milik SD Jinjo Hamamatsu, Sekarang bernama SD Motoshiro. pada tahun 1887, beliau bertekad untuk membuat organ sendiri. Dan pada tahun 1888 ia mendirikan pabrik Yamaha Fukin & Co. Ltd di Hamamatsu. Pada tanggal 12 Oktober 1897, kemudian ia mendirikan Nippon Gakkiseizo Corporation dan beliau diangkat sebagai Presiden Direktur pertama. Pada 1889, perusahaan itu mempekerjakan 100 orang dan menghasilkan 250 organ setiap tahun.

pendiri yamaha
Logo Yamaha lama

Torakusu sang pendiri yamaha dikirim ke Amerika

Tahun 1899, Kementrian pendidikan Jepang mengirim Torakusu ke Amerika Serikat untuk belajar piano membuat dan menetapkan pemasok bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi piano di Jepang. Nippon Gakkiseizo mulai membuat piano tegak pada tahun 1900 dan menghasilkan piano pertama pada tahun 1902, menerapkan keahlian dalam pertukangan untuk pembuatan mebel yang baik. Di St Louis World’s Fair di tahun 1904, sebuah piano dan organ buatan yamaha menerima Penghargaan. Pada tahun 1914, ketika Perang Dunia I dibatasi penjualan harmonica Jerman di Jepang, Yamaha memperkenalkan harmonika pertama dan mulai mengekspor harmonicas ke seluruh dunia. Yamaha terus memperluas ke bidang musik.

pendiri yamaha

Di tengah pertumbuhan pesat Yamaha, Torakusu ternyata harus berpulang pada tanggal 8 Agustus 1916 sang pendiri yamaha meninggal dunia.  Perusahaan pun tetap konsisten memproduksi harmonika dan phonographs tangan buatan pada tahun 1920. Saat perang Dunia 2 berkecamuk, Yamaha Corporation mulai masuk ke Industri pembuatan busur panah, perahu serta produk-produk lain yang terbuat dari fiberglass yang diperkuat plastik

Menghadapi persaingan instrumen musik buatan Barat, Nippon Gakki membuka laboratorium penelitian akustik pertama di dunia pada tahun 1930. Pada 1932, ia mulai produksi pipa organ. Selama tahun 1930-an, perluasan sistem sekolah umum di Jepang menciptakan permintaan alat-alat musik Barat, dan Nippon Gakkiseizo mulai menghasilkan harga kompetitif untuk produk akordion dan gitar. Ini menghasilkan gitar akustik pertama pada tahun 1942.

*Sumber historynote

About yudibatang 2496 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.