Naik kereta tua diAmbarawa Jawa tengah, melangutkan jiwa ke masa kecil

naik kereta tua diambarawa

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Hari Minggu tanggal 1 Desember yang lalu, yudibatang mendapatkan kesempatan langka melihat langsung dan merasakan naik kereta tua diAmbarawa Jawa tengah. Kesempatan langka ini di berikan oleh Astra Honda Motor yang sehari sebelumnya telah mengadakan acara Honda Bikers day 2019 di lapangan Pangsar Jendral sudirman Ambarawa Jawa tengah.

Baca : Honda bikers day 2019 pecahkan rekor 34.840 bikers Honda tumplek di Ambarawa

Di Indonesia banyak terdapat kereta api tua yang bersejarah. Ada satu kereta api uap tua yang sangat langka, umurnya suda sekitar 130 tahun. Namanya kereta api uap B2502 buatan Jerman. Kereta api tua ini di dunia hanya tersisa tiga buah. yaitu di India, di swiss dan di indonesia. Kalau di India dan swiss keretapi api uap tua tersebut sudah tidak aktif alias di musiumkan.

Namun di indonesia kereta api uap tua tersebut masih aktif, masih bisa jalan normal. Kemampuan para mekanik kereta api Indonesia ini membuat para Insinyur kereta Jepang garuk-garuk pantat alias terheran-heran. Bagaimana mungkin kereta api yang sudah berumur lebih dari seratus tahun dan perusahaan pembuatnya sudah rata dengan tanah namun masih bisa bis jalan. Itulah salah satu ke hebatan orang Indonesia. Yups,.. kereta api uap tua B2502 perusahaan pembuatnya sudah tidak ada mungkin efek perang dunia dua dan spare partnyapun sudah tidak ada di dunia. namun dengan ketrampilan khusus dan motto “Tidak ada rotan akarpun jadi”, para mekanik ini mengkanibal spare part kereta tua yang lain dan dipakai untuk kereta api uap tua B2502. luar biasa.

naik kereta tua diambarawa

Harga naik kereta tua diAmbarawa

Okay,.. kembali pada pengalaman naik kereta tua di ambarawa,. untuk bisa naik kereta tua ini kita harus mencarternya. Harga satu gerbong berisi adalah 10 juta rupiah bisa di isi 40 orang. Harga carter 2 gerbong 12,5 juta dan harga tiga gerbong 15 juta. Itupun harus booking dulu. Maklumlah ini kereta api yang sangat langka di dunia. Untuk bisa mengoperasikan kereta api ini membutuhkan 3,5 kubik kayu jati sebagai bahan bakar dan 60 ribu liter air. Saya sempat tanya kepada petugas, mengapa tidak menggunakan kau jenis lain? karena harga kayu jati sangat mahal dan kayunya sudah mulai langka. Ternyata jawabnya panas yang dihasilkan dari kayu non jati tidak bisa sebagus kayu jati. Namun kayu jati yang digunakan juga bukan kayu produktif, melainkan sisa akar pohon jati yang tertanam ditanah. Oh,..iya misalkan kereta api mau jalan jam 8 pagi, kru kereta api harus mulai persiapan dari jam 4 pagi.

Saat kereta api uap tua datang saya merasakan kereta tua ini pernah mengalami berbegai peristiwa yang mengerikan. Suara dengus nafas kereta api ini sangat khas dan suara klaksonnya juga khas. entahlah mungkin kereta api tua ini hadir saat Indonesia dalam masa penjajahan Belanda. Saya salut dengan material besi dari kereta api uap tua ini, sudah berumur lebih dari seratus tahun kok ya masih utuh nggak ada kropos-kroposnya kaya sasis dan bodi motuba he..he.

Naik kereta tua diAmbarawa jawa tengah

(Baca : pengalaman waktu kecil menjadi persaratan selamatan rumah )

Dinding gerbongnya terbuat dari kayu jati. interiornya sepertinaya sudah mengalami modifikasi,.. yusp kursi penumpang terbuat dari kayu jati yang relatif masih baru dan di plitur. Bersama dengan rekan – rekan dari menejemen HC3 Astra honda motor, astra jateng, Astra Jogja dan blogger vlogger kami menaiki kereta api tua ini dari stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang. Sepanjang perjalanan kami menikmati pemandangan alam yang sangat indah, sejuk dan sweger.

balapulang

kereta api uap tua saat berhenti di stasiun balapulang Tegal
kereta api uap tua saat berhenti di stasiun balapulang Tegal yahun 80an

Saat saya duduk dipinggir jendela dan menempelkan siku kanan saya pada jendela gerbong, saya merasa kembali pada masa kecil. yups ,..dulu sekitar tahun 80an masih ada kereta api uap yang beroperasi melewati desa saya di Balapaulang tegal jawa tengah. Saat masih kecil saya pernah diajak ibu naik kereta api uap yang gerbongnya terbuat dari kayu. Naik kereta tua diambarawa benar-benar melangutkan jiwa kembali pada masa kecil. Psungguh pengalaman yang luar biasa dan sensasional bisa merasakan naik kereta tua di Ambarawa.

naik kereta tua diambarawa

Terima kasih kepada Astra Honda motor, Astra Jateng dan Astra Jogja yang sudah memfasilitasi saya naik kereta api tua diambarawa.

About yudibatang 2539 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

5 Komentar

  1. Artikel yg mengharukan mbah, dadi iling karo eyang kakung almarhum mbiyen pas cilik aku d asuh eyang kakung numpak kereta tuwa biar terhibur dan g sedih, hiks hiks hiks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.