Cara mengatasi ngantuk ketika sedang naik motor jarak jauh

cara mengatasi ngantuk

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Perasaan mengantuk adalah perasaan dimana saatnya mata dan badan meminta untuk di istirahatkan. Yups,.. karena dalam sehari manusia membutuhkan waktu untuk beraktifitas dan untuk istirahat atau tidur. Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa adalah 5 sampai 6 jam. nah bagaimana cara mengatasi ngantuk saat naik motor jarak jauh?.

Baca juga Solusi tempat menginap untuk biker petoring dengan dana cekak

Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang cara mengatasi ngantuk saat naik motor jarak jauh. jarak yang ditempuh lebih dari diatas 100 km. Cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi wara wiri naik motor bertahun tahun dijalan pantura Batang ke Cirebon. dan Batang ke Semarang. dan diskusi dengan seorang rekan mantan driver mobil rental. Berikut ini Cara mengatasi mengantuk saat naik motor jarak jauh  :

Cara mengatasi ngantuk

1.Berhenti Tidur sejenak

Tidur adalah obat paling mujarab mengatasi ngantuk. Cara Ini untuk pemotor yang riding “nothing to lose” atau tanpa beban. Maksudnya tidak ada patokan harus sampai tujuan pada waktu tertentu atau biker yang masih memiliki cukup waktu untuk sampai ketempat tujuan. Carilah tempat-tempat yang aman untuk tidur. Misalkan rumah makan yang ada tempat lesehannya, SPBU dengan fasilitas tempat istirahat. atau bisa juga di masjid yang kondisinya cukup ramai. Usahakan posisi motor sedekat mungkin dengan anda dan jangan meninggalkan barang-barang berharga diatas motor.

cara mengatasi ngantuk

Tidurnya setengah jam sampai satu jam sudah cukup. namun kalau anda cukup memiliki uang dan ingin tidur dikasur, anda bisa istirahat dilosmen. Atau hotel melati yang memiliki fasilitas “short time”. biasanya bisa disewa selama 3 jam. Bayarnya cukup terjangkau antara 30 sampai 50 ribu rupiah.

2.Berhenti sejenak istirahat ngopi

menikmati segelas kopi plus cemilan dan beberapa batang rokok (bagi yang merokok). ini untuk biker yang dikejar target waktu. misal harus sampai tujuan pada waktu sekian dan harus melakukan aktivitas yang penting. Minuman kopi mengandung cafein yang secara umum bikin kita melek. Bisa juga minum minuman suplemen penambah tenaga, namun tidak disarankan terlalu banyak.

cara mengatasi ngantuk

3.Ngopi dan basahi kaos kaki.

Cara ini saya dapatkan dari mantan driver mobil rental dan supir truk. maksudnya begini, misalkan anda sedang naik motor malam hari jarak jauh dan anda harus berhemat. Kemudian anda merasa mengantuk namun anda harus segera sampai tujuan. Anda bisa berhenti sejenak di warung kopi dan nikmati segelas kopi. Namun kalau dirasa ngantuk nggak ilang juga, basahi kaki beserta kaos kakinya dengan air. memang dirasa aneh, tapi tips ini cukup manjur. Dengan naik motor kondisis kaki basah, memaksa kita untuk tetep melek.

Perhatian!! Lebih baik jangan membasuh muka ketika anda melakukan perjalanan jarak jauh dan belum sampai tujuan, karena dengan membasuh muka akan timbul rasa kantuk yang lebih berat.

About yudibatang 2522 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.