Yudibatang dan Blogger Vloger Jateng ikuti pelatihan Safety riding bersama Honda

yudibatang dan blogger vloger

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Hari Sabtu tanggal 15 Februari 2020 yudibatang dan Blogger Vloger Jateng berkesempatan ikuti pelatihan Safety riding #cari_aman dalam berkendara sepeda motor bersama Honda. Acara yang digelar di Hotel Artotel Gajah mada semarang berlangsung seru dan banyak interaksi antara pembicara dan peserta. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dengan team Astra Motor center Semarang yakni HC3 Dept Mas Danang Muji Prasetyo selaku PIC yang mengundang saya dalam pelatihan Safety riding ini. kegiatan ini sangat bermanfaat mengenai safety riding dan cari aman yang baik dalam berkendara sepeda motor.

Baca juga Reaksi cepat HC3 Astra Motor Semarang membantu konsumen yang trouble dijalan.

yudibatang dan blogger vloger

Dua pembicara yang menyampaikan materi safety riding adalah Mas Oke Distianto dan Mas Fian. Mereka berdua dari Team Instruktur safety riding Jawa tengah yang sudah banyak pengalamanya dalam Safety riding tingkat nasional.

Yudibatang dan Blogger Vloger jateng mendapatkan ilmu safety riding

Dalam pelatihan safety riding ini ada dua pokok pembahasan yaitu point Sebelum naik motor dan point saat naik motor. Kadang kala kita meremehkan point point tersebut. Sebenearnya point2 tersebut sangat penting untuk diketahui dan dipraktekkan dalam kegiatan bersepeda motor setiap hari.

1.Point Sebelum naik motor

A.Pemanasan Tubuh

Pemanasan dalam hal ini cukup yang ringan-ringan saja nggak perlu sampai lari keliling lapangan hingga push up. Cukup sedikit peregangan untuk melemaskan otot-otot agar tidak kaku. Setelah pemanasan kita wajib menggunakan safety gear sebelum naik motor. seperti helm, jaket, sepatu dan sarung tangan atau gloves. Intinya jangan naik motor secara mendadak. misalkan tangi turu, belum cuci muka langsung ngueeeng,.. bahaya bro! he..he..

B.Pengecekan sepeda motor

Pengecekan sepeda motor meliputi pengecekan yang umum seperti cek bensin pastikan ada bensinnya sebelum naik motor. Kekencangan rantai bagi motor bebek dan motor sport. Pengecekan Oli, Ban, pengereman, spion, lampu-lampu dan kelistrikan.

C.posisi berkendara

sebelum naik motor ada baiknya kita ketahui 7 poin utama yang harus diperhatikan saat naik motor.

– Mata memandang jauh kearah yang hendak dituju untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya

-Pundak dalam posisi santai atau rileks

-Sikut berposisi sedikit menekuk

-Tangan menggenggam bagian tengah grip kemudi agar mudah mengendalikan dan mengoperasikan tuas rem, tuas kopling dan tombol2.

-Pinggul, duduk dengan posisi yang memudahkan anda mengendalikan stang kemudi

-lutut posisinya sejajar dnegan leg shield atau secara ringan menekan tangki bahan bakar (motor sport0

-Kaki, posisikan bagian tengah telapak kaki pada foot step.

2.Point saat bekendara sepeda motor

A.Pengereman

Gunakan rem depan dan rem belakang secara bersamaaan. Kalau hanya menggunakan rem depan saja, pada kecepatan tinggi motor bisa sopie dan njungkel. sebaliknya kalau menggunakan rem belakang saja motor bisa ngesot.

B. Pemilihan Lajur yang aman

Gunakan selalu lajur kiri (kecuali bila mendahului ambil lajur kanan). Nyalakan lampu sein sebelum bepindah lajur. Melewati persimpangan nyalakan lampu sein sebelum berbelok sesuai arah belok anda dan cek kondisi sekitar sebelum memutuskan berbelok. Kurangi kecepatan bila ada rintangan dijalan seperti Batu, kerikil, tanah, lumpur ataupun pasir.

Nah,.. demikianlah hasil pelatihan safety riding yang yudibatang dan Blogger vloger jateng dapatkan. Semoga berguna dan menambah wawasan bagi para pembaca semua.

About yudibatang 2539 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.