Kisah Hantu katokowok di Balapulang, meminta nyawa kepada tuannya

hantu noni belanda kecil

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Sudah lama nggak nulis artikel horor. Okay,.. malam jumat waktunya artikel horor. Mungkin nama hantu yang akan saya tulis di cerita horor ini agak asing bagi para pembaca. yups,.. Kisah hantu katokowok yang meminta nyawa kepada tuannya. Mungkin Hantu katokowok Termasuk jenis hantu yang aneh, sekalian buat pengetahuan perhantuan bagi para pembaca setia blog yudibatang ini. Cerita horor hantu katokowok ini terjadi sekitar tahun 80an. Saat itu saya masih kecil dan juga mendapatkan cerita hantu katokowok tersebut dari kakak saya. Lokasi kejadian di Desa Balapulang kabupaten Tegal. Oh,.. iya sudah banyak cerita horor yang berasal dari Desa Balapulang. seperti link dibawah ini

1. Kisah Tetangga hilang dibawa kalong wewe di desa balapulang

2. Pengalaman uwak dihadang kuntilanak penunggu perempatan angker desa Balapulang

kisah hantu katokowok

Okay lanjut ke kisah hantu katokowok. Dulu tahun 80an di Desa balapulang lagi musim mainan boneka katokowok. Boneka ini umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan. Boneka ini terbuat dari kain gombal mukio alias kain bekas. Kain bekas ini dibentuk menyerupai orang-orangan, yang ditali dibagian-bagian seperti leher, tangan dan kaki. Kemudian setelah jadi orang-orangan, boneka ini dibuatkan baju atau rok layaknya manusia.

Bagini kira-kira bentuknya, yudibatang dadakan bikin boneka katokowok ini. habis dipoto langsung saya lepas talinya,.. hawanya ngeri bro!

kisah hantu katokowok

Cara memainkannya, sianak membuat beberapa boneka katokkowok ada yang perempuan dan ada yang laki-laki. kemudian sianak memainkan layaknya seperti cerita wayang atau dongeng. Jadi sianak yang memainkan boneka katok kowok seperti dalang dan ada alur ceritanya juga. Memainkannya dimalam hari sekitar habis Isya. Diterangi lampu minyak dan didepannya banyak anak-anak lain yang menonton pertunjukan boneka katokkowok ini.

Kisah hantu katokowok di balapulang

Nah,.. suatu malam ada dua anak perempuan yang memainkan boneka katokowok. Dia kakak beradik, kakanya bernama Prapti dan adiknya bernama Nunung. Prapti bertindak sebagai dalang dan memerankan suara “peran utama”. dan Nunung memerankan suara lawan bicaranya. Jaman segitu, anak-anak sangat kreatif sekali. bayangkan anak-anak umur belasan tahun bisa bikin boneka plus baju-bajunya dengan modal kain gombal dan benang jahit.

Sebelum pertunjukan dimulai, anak-anak yang lain sudah berdatangan dan berkumpul. Banyak anak yang menonton. Lakon kali ini menceritakan seorang anak perempuan yang hidup menderita dan akhirnya meninggal dunia. Hebatnya, anak-anak yang menonton ini bisa hanyut kedalam cerita boneka katokowok dan pada ikutan sedih setelah menonton pertunjukan.

kisah hantu katokowok

Setelah pertunjukan selesai, anak-anak pada pulang kerumah masing-masing. Tahun segitu belum ada listrik di desa balapulang. Namun anak-anak tetap bisa menikamti suasana malam. Nah,.. pada malam harinya Kisah Hantu Katokowok ini dimulai. Sekitar jam sepuluh malam, Prapti sang dalam pertunjukan boneka katokowok memberesi boneka katokowok dan ditaruh disamping ranjang. Prapti mulai siap-siap untuk tidur. Namun Prapti merasa gelisah dan tak bisa tidur. Sementara Nunungsudah tidur pulas disampingnya. Prapti merasa terhanyut lakon cerita boneka katokowok yang dimainkannya sehabis Isya tadi. Hingga tengah malam Prapti belum juga bisa tidur. Walau matanya dipaksa merem, namun tetap saja nggak bisa tidur dan gelisah.

Samar-samar prapti mendengar suara anak kecil yang meyebut namanya. “Mbak..praptiiii “. Prapti masih berfikir paling itu hanya suara angin. beberapa menit kemudian,.. terdengar lagi suara anak kecil tadi.. “Mbak prapti… Mbak prapti…”. kali ini suaranya terdengar lebih jelas. Prapti kaget dan membuka matanya. Lalu terdengar lagi suara anak kecil tersebut ” Mbak Prapti… nyong emong mati.. “ Translate “Mbak prapti saya tudak mau mati.. “. Prapti bangun dan terduduk sembari mencari arah suara anak kecil tadi. Prapti mengenali suaranya, seperti suara yang dia perankan dalam pertunjukan boneka katokowok.

Kisah hantu katokowok yang meminta nyawa

Prapti duduk diranjang dengan posisi kaki masih selonjor sembari matanya mencari-cari arah suara anak kecil tadi. Mak…prekiittiikkk!! Bulu kuduk prapti mulai berdiri.. suara anak kecil itu belum terdengar lagi. yang ada hanya suara-suara serangga malam plus suara burung malam yang menambah suasana tambah ngeri dan mencekam. Dalam keheningan, terdengar suara ranjang kayu tempat prapti duduk. “tek…te..tek..!” suaranya seperti ada orang yang memukul-mukul ranjang!! Prapti tambah ketakutan namun masih tetap mencari arah suara tersebut. Saat Prapti melongok dibawah ranjang, muncul satu boneka katokowok yang prapti mainkan dan seperti hidup bergerak-gerak!! Prapti ketakutan luar biasa namun mulutnya seperti terkunci dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Hantu katokowok itu seperti ada amata dan mulutnya dan bisa ngomong dalam bahasa Tegal ” Mbak prapti nyong hemong mati,.. enyong njaluk nyawane mbak prapti..” Translate “Mbak prapti,.. saya tidak mau mati,.. saya minta nyawanya mbak Prapti..!!”. Prapti masih tertegun dan badanyya kaku tidak bisa berbuat apa-apa saking takutnya. Tiba-tiba hantu katokowok itu terbang dan hendak menuju kebada Prapti! Sontak Prapti berteriaaakkk!! “Maaakkk!! anak setann!!..” transalte “Maaakk..ada setaaann!!”. Sontak seisi rumah terbangun semua dan menuju kearah prapti. Saat emak dan bapak Prapti datang, Prapti terlihat sangat ketakutan dan dibawah ranjang terdapat satu boneka katokowok. Akhirnya Prapti tidur ditemani amak dan bapaknya hingga pagi.

Keesokan harinya terdengar kabar keseluruh kampung bahwa Prapti di impeni setan katokowok. Semenjak itu tak ada anak-anak yang berani memainkan boneka katokowok hingga sekarang. hiiiii… Kisah hantu katokowok!!

About yudibatang 2539 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.