Bikin Jemuran handuk dari kayu plafon, cuman habis 50 ribuan

bikin jemuran handuk

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Bikin Jemuran handuk kelihatannya alat sepele, namun alat ini sangat berguna terutama untuk menaruh handuk agar tidak ketlingsut dan tidak memenuhi tempat jemuran utama. Apalagi bagi anda yang rumah tinggalnya kurang luas, tentu harus pinter-pinter mngatur ruangan agar bisa maksimal menaruh barang. Sebenarnya jemuran handuk banyak dijual di toko mebel ataupun di olshop. Harganya macam2 antara 100 – 200 ribuan.

Nah,.. karena saya lagi stay at home dikarenakan tempat kerja saya meliburkan seluruh karyawan karena dapak dari virus corona. Setiap hari kalau tidak ada kegiatan berasa limbung-limbung ora jelas. ngopi, udud, gitaran, main game di hape terus ngantuk dan tidur. Nah,.. daripada nggak ada kerjaaan saya coba bikin jemuran handuk ini. Kata simbok, “wong lanang kudu bisonan” translate “Seorang lelaki harus serba bisa”. Bisa dan tahu tentang Agama, bisa mencari nafkah, bisa bergaul, bisa hal2 pertukangan, bisa nyetir dan utak-atik mesin motuba, bisa motoran, bisa cukur rambur, bisa gitaran dan lain sebagainya… hahaha..

bikin jemuran handuk

Saya bikin jemuran untuk handuk ini dengan biaya yang sangat terjangkau. yups,.. hanya sekitar lima puluh ribuan sudah termasuk kopi dan rokoknya he..he… Bikin jemuran handuk ini saya menggunakan bahan yang mudah didapat walau anda tinggal di kota besar. Yups,.. saya menggunakan kayu plafon atau kayu untuk lis plafon yang banyak dijual ditoko bangunan. D Kayu list plafon dari kayu pinus dengan kelebihannya kayu jenis ini tidak terlalu keras. Mudah dipotong, mudah dipaku, harganya selonjor hanya Rp 5000. Dengan ukuran panjang 2 meter, lebar tiga centi dan tebal satu centi.

Langkah-langkah bikin Jemuran handuk dari kayu plafon.

1.Bikin sketsa jemuran handuk sesuai yang anda inginkan

Saya membuat sketsa jemuran handuk dengan ukuran Panjan 85 x Lebar 50 x Tinggi 85 cm. Ukuran tersebut saya sesuaikan dengan ukuran handuk besar dan jumlah handuk yang akan dijemur. Ukran handuk besar sekitar 150 x 75 cm.

2.Bikin perencanaan bahan dan peralatan yang akan digunakan

Langkah selanjutnya bikin estimasi bahan dan biaya yang dibutuhkan. saya membutuhkan kayu plafon sebanyak empat lonjor. total 2 meter x 4 lonjor. (bahan ini pas sekali hanya sisa sampah sedikit sekali). Biaya yang dibutuhkan kayu plafon 5000 x 4 = 20.000. catatan : saya memakai empat buah pipa kecil diameter 0.8 cm bekas penyangga MMT untuk bagian menggantung handuk. Bila anda tidak punya pipa kecil bekas, bisa diganti dengan kayu plafon ukuran 2×1 xm satu lonjor seharga Rp.3000.Paku,sekrup, kopi dan rokok Rp.30.000 he..he.

3.Membeli bahan untuk bikin jemuran handuk ketoko bangunan.

bikin jemuran handuk

4.proses pembuatan

Sebelum mulai bikin, lebih baik ngopi dan udud dulu sembari nyawang-nyawang kayunya. memastikan kayunya sudah benar tidak ada cacat dan rapuh. Setelah dapat inspirasi, mulailah mengukur2 komponen ubtuk jemuran handuk. komponen kaki dan atas 50 cm x 4 buah. komponen tiang penyangga 85cm x empat buah dan komponen support 83cm x 2 buah. Setelah sudah diukur dan digaris, mulailah memotong- potong katu sesuai dengan ukuran. karena saya menggunakan pipa kecil, maka saya juga melubangi komponen atas dengan bor listrik.

Buat Jemuran tempat handuk sambil ngopi dan udud

Ingat! saya bukan tukang beneran, melainkan hanya tukang eprek-eprek. Karena waktu sudah memasuki sholat dzuhur dan mulai capek ya istirahat dulu.. madyang dulu bro biar tidak salah paham. He..he..

bikin jemuran handuk

Setelah istirahat, lanjut lagi… mulai merakit jemuran handuk. satukan tiap komponen memakai paku kecil ukuran sekitar 1,5cm dulu. Setelah sudah terakit, berhenti dulu sejenak nyalakan sebatang rokok sambil disawang-sawang dan dipegang2. Lanjut mulai di ukur dimensi totalnya. karena saya merakit tanpa jig atau mal, sudah tentu dimensinya tidak langsung fix.bikin jemuran handukbikin jemuran handuk

yups ada beberapa bagian yang tingginya tidak sama. maka saya lepas dulu paku kecilnya, dan tempatkan pada posisi yang betul dan dipaku lagi. Setelah semua ukuran fix, bagian yang dipaku tadi diperkuat dengan sekrup. kalau anda punya bor, bisa dilubangi dulu untuk tempat sekrup agar saat menyekrup tidak susah dan alot. jangan lupa dibagian bawah diberi siku penguat dari sisa-sia kayu plafon tadi. Anda tertarik? silahkan bikin sendiri dirumah.

jemuran handuk

Baca juga artikel pertukangan lain dari saya yang menarik Alat temuan yudibatang pertama pegangan mixer adonan roti

About yudibatang 2578 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.