Cara bayar pajak motor 2020 dan persaratannya

cara bayar pajak motor 2020
Cara bayar pajak motor 2020

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Cara bayar pajak motor kelihatannya hal sepele, namun tidak semua orang mengetahui cara dan persaratannya. Aturan perundang-undangan yang ada di Indonesia mewajibkan setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor harus taat dalam membayar pajak. Dalam hal ini masyarakat Indonesia wajib membayar pajak tahunan dan juga pajak 5 tahunan.
Untuk pembayaran dari kedua jenis pajak kendaraan ini bisa kita lakukan di tempat yang sama yaitu di samsat terdekat dengan membawa berbagai macam persyaratan untuk bayar pajak motor.
Namun syarat yang harus kita persiapkan untuk membayar pajak tahunan dan juga pajak 5 tahunan ini masing-masing berbeda.

Cara Bayar Pajak Motor 2020

Pembayaran pajak motor ini harus kita lakukan secara tepat waktu. Karena jika terlambat, kita bisa didenda yang nilai dendanya bias mencapai 25% besarnya. Kemudian selain itu, kita juga bisa mendapatkan surat tilang ketika polisi melakukan tindak razia di jalan raya.

Nah agar kita bisa terhindar dari hal tersebut, tentu saja kita harus melakukan pembayaran pajak sebelum batas waktu yang sudah tertera dan bisa kita lihat di STNK kita.

Cara bayar pajak motor

Syarat Bayar Pajak Tahunan

Jenis pembayaran pajak motor yang pertama adalah pembayaran pajak tahunan. Dimana untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan, syarat yang harus kita siapkan tidak terlalu ribet dan tidak terlalu banyak.

Untuk anda yang ingin melakukan perpanjangan pajak kendaraan bermotor tahunan. Berikut dibawah ini adalah persyaratan untuk bayar pajak motor tahunan yang harus anda persiapkan.

  • KTP asli beserta fotocopy KTP  pemilik asli.
  • STNK asli serta Fotocopy STNK.
  • BPKB asli serta Fotocopy BPKB.

Syarat diatas hanya berlaku jika anda sendiri yang melakukan proses pembayaran pajak sepeda motor tahunan. Namun jika anda menyuruh orang lain yang melakukannya tentu saja anda harus menyiapkan dokumen tambahan yang harus anda persiapkan.

Dokumen tambahan yang wajib anda persiapkan jika ingin melakukan pembayaran pajak diwakilkan oleh orang lain adalah dengan mempersiapkan surat kuasa sebagai bukti bahwa anda meminta untuk diwakilkan orang lain dalam proses perpanjangan pajak STNK tersebut.

Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan

Pada pembayaran pajak motor 5 tahunan anda perlu juga mengganti plat nomor anda tetapi pada pembayaran pajak tahunan anda tidak perlu mengganti plat nomor anda disamping itu pembayaran pajak 5 tahunan anda juga akan mengganti STNK dengan yang baru dan biaya yang perlu anda keluarkan juga jauh lebih banyak dibandingkan pada pembayaran pajak motor tahunan. Ada perlu menyiapkan kurang lebih 5 persyaratan saat hendak melakukan pembayaran yaitu.

  • KTP asli beserta fotokopi KTP.
  • BPKB beserta fotokopi BPKB.
  • STNK beserta fotokopi STNK.
  • Sepeda motor yang akan di perpanjang pajak 5 tahunan, karena akan dilakukan cek fisik.
  • Beserta formulir perpanjangan STNK.
  • gsxr150

Tahapan Melakukan Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Dalam prosesnya terdapat tahapan-tahapan untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan yang harus kita lewati. Berikut dibawah ini adalah beberapa tahapan yang harus anda lakukan untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan.

Cek fisik

Pengecekan fisik pada kendaraan akan dilakukan oleh para petugas setelah itu anda akan memperoleh dokumen hasil dari pengecekan tadi dan didalamnya akan terdapat kolom untuk mengisi identitas kendaraan beserta pemiliknya.

Menyerahkan dan legalisasi formulir perpanjangan STNK

Setelah melengkapi bekas yang diberikan petugas akan melakukan pengecekan ulang dan akan berlanjut pada proses legalisasi.

Pembayaran Pajak

Setelah legalisasi anda akan memperoleh nomor antrian dan biaya yang perlu anda bayarkan. Tentu saja anda harus membayarkan sesuai yang tertera pada formulir tersebut. Jangan mau jika disuruh membayar lebih karena bisa saja itu merupakan tindakan pungli.

Penerimaan STNK

Dalam beberapa menit setelah melakukan pembayaran pajak dilanjutkan oleh pencetakan STNK baru yang cukup cepat.

Pengambilan plat nomor baru

Sedikit berbeda dengan pengambilan STNK saat pengambilan plat nomor baru perlu menunggu sedikit lebih lama. Anda saat melakukan pembayaran pajak 5 tahunan memakan waktu sekitar kurang lebih 3 jam pastikan anda telah menyiapkan semua persyaratan secara lengkap agar anda tidak memakan waktu yang lebih lama lagi.

menyanyi saat naik motor

nah.. Bila kita sudah membayar pajak motor, saat kita berkendarapun hati tenang. tidak takut dan was-was apalagi saat ketemu razia polisi. Kita tetap santai dan masih bisa bernyanyi-nyanyi sambil naik motor.

Baca juga

Menyanyi saat naik motor jarak jauh bisa untuk penyemangat

Pengalaman mengikuti sidang karena ketilang


About yudibatang 2579 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.