Perjalanan Joan Mir dari kecil hingga juara dunia motogp 2020 bagian 2

perjalanan joan mir juara dunia

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Artikel lanjutan Perjalanan Joan Mir dari kecil hingga menjadi juara dunia, kali ini bagian yang ke duanya. Setelah selama dua musim mengikuti lomba balapan Redbull Rookies Cup dengan hasil yang cukup memuaskan. Musim pertama tahun 2013 Joan Mir berada pada posisi ke sembilan dan musim kedua di tahun 2014 Mir menjadi runner up atau posisi kedua dibawah Jorge Martin. Akhirnya Joan Mir mendapatkan manajer/ talent scout. Nama menejernya adalah Pacho Sanchez. Dia terkesima dengan capaian Joan Mir di Red bull rokies cup dan lebih terkesi dengan bakat yang ada pada Joan Mir.

Baca Perjalanan Joan Mir dari kecil hingga menjadi juara dunia motogp 2020

perjalanan joan mir

Perjalanan Joan Mir dari kecil tidaklah mulus, Pacho sancez tetep memenejeri Joan Mir meskipun tanpa didampingi dan disupport oleh sponsor. Pacho tertarik untuk merekrut Joan Mir dan membukakan jalan untuk menjadi pembalap profesional. Mencarikannya sponsor. Salah satu jalan untuk menjadi pembalap grandprix adalah dengan mengikuti CEV moto3 junior championship. Dengan modal runner up redbull rookies dan berbagai macam rekaman video, pacho menawarkan Joan Mir kepada team-team CEV.

Sayangnya Semua team yang ditawari menolaknya dengan halus. Mereka semua bilang Joan Mir punya bakat, Joan mir punya potensi bagus. Tapi mereka semua menolaknya. Alasannya adalah Joan Mir nggak bawa uang. Joan Mir nggak bawa sponsor dan tidak dibawa oleh sponsor. Ya… Pacho hanya menawarkan Joan Mir sebagai pembalap yang mengandalkan bakat saja. Tanpa uang dan sponsor.

perjalanan joan mir

Namun ada 1 team kecil yang tertarik dengan Joan Mir, Konon team ini termasuk team paling miskin. Nama teamnya Leopard Sudaryono racing team. Bagaimanapun, mereka butuh dana untuk balap. Pacho putar pikiran untuk mencarikan Joan Mir Sponsor. Dan akhirnya ada satu sponsor yang mau menjadi sponsor Joan Mir. Namun sayangnya, 2 minggu sebelum balapan cev dimulai, sponsor ini mengundurkan diri. Sudah terlanjur basah, Pacho akhirnya memilih membobol tabungan miliknya agar Joan Mir bisa membalap di team leopard.

Perjalanan Joan Mir

Hanya bermodal sekitar 85 ribu dolar, pacho memasukkan Joan Mir ke dalam team leopard. Dan uang tersebut digunakan untuk membeli motor balap cev. Sayangnya anggarannya kurang, akhirnya tim hanya mampu membeli 1 motor dengan spek standar ( ada yang bilang spek tahun 2012, padahal balapannya adalah tahun 2015). “We had an bike with a stock engine,” says Lundberg. “It was very difficult to beat Canet and Bulega in this championship”. Karena tim hanya punya 1 motor, team menasehati Joan Mir agar jangan sampai crash atau jatuh. Karena itu motor satu-satunya, tidak ada motor pengganti karena tidak ada uang untuk membeli motor cadangan.

perjalanan joan mir

Balapan CEV dimulai dan disini bakat dan potensi Joan Mir semakin terlihat. Joan Mir langsung menang 4 kali di 5 race pembuka. padahal pakenya motor bekakas alias motor balap spek lama. Namun setelah itu Joan Mir tidak podium lagi. yah karena dia harus menjaga kondisi motornya agar bisa bertahan 1 musim. Dan luar biasanya, Joan Mir bertahan 1 musim dan menempatkan Mir posisi ke-4 akhir klasemen.” we didn’t have money, we didn’t have anything to win this title. It was really a miracle that the bike stayed until the end of the race.”

Dengan prestasi Joan Mir di CEV, pacho menawarkan Joan Mir kepada Alberto Puig (pernah menangani tema Repsol honda). Dan jawabannya sama : Joan Mir pembalap bagus, tapi tak punya uang dan tidak dibawa sponsor/uang…. Maaf.

Akhirnya Joan Mir dipertahankan oleh Leopard race di moto3. Leopard percaya dengan Mir untuk membalap di moto3 karena Joan Mir sempat dipanggil untuk menggantikan seorang pembalap dari team honda, yaitu Hiroki ono yang cidera. Membalap di phillip island. Hasilnya…. Meskipun itu pertama kali Joan Mir membalap di moto3, dia langsung ada di rombongan terdepan untuk berebut juara. Sayangnya beberapa lap sebelum finish, Joan mir disenggol pembalap lain, john mc phee dan crash.

Moment inilah yang membuat leopard tertarik merekrut Joan Mir. Meskipun team Leopard sudah punya dua pembalap berbakat. yups,.. Fabio quartararo dan locatelli. Joan Mir mendapatkan kemenangan pertamanya di seri ke-11, Austria. Dan di akhir klasemen berada pada posisi ke-5 dan menjadi rookie of the year.

Kemudian di musim balap moto3 tahun 2017, Joan Mir mulai dominasi di moto3. Dia memenangi 10 seri dan 13 podium dan menjadi juara dunia moto3 2017. Salah satu sebab performa Joan Mir moncer karena team Leopard mengikuti keinginan JoanMir. Joan Mir bilang : dengan motor KTM aku tidak mendapatkan keyakinan 100%. Aku pernah menaiki motor honda tahun 2015 (saat menggantikan rider moto3 yang cedera). Aku ingin motornya diganti, kalau tidak mau, aku pindah team. Lundberg bos leopard racing mengikuti saran Mir, dia mengganti motor team dari awalnya menggunakan KTM diganti dengan menggunakan motor honda.

Hasilnya team Leopard memenangi perjudian secara mutlak dengan menempatkan Joan Mir sebagai juara dunia moto3 dan meraih banyak kemenangan. Padahal leopard adalah team semenjana. Prestasi Joan mir akhirnya menarik team besar, yups team Marc VDS moto2. Mereka merekrut Joan Mir sebagai pembalap moto2 tahun 2018.

perjalanan joan mir

Kembali lagi…. Sayangnya team mqrc vds terterpa musibah korupsi boss pemilik team, akhirnya suasana team tidak nyaman. Namun Joan Mir cukup bagus beradaptasi dari moto3 ke moto2. Dan baru 3 bulan Joan Mir di moto2 dan belum ada kemenangan yang dia peroleh, tapi ada beberapa tawaran untuk joan mir di kelas motogp. Team Honda dan Suzuki. Entah kenapa Joan Mir memilih team suzuki. Lagi-lagi bukan team unggulan yang dia pilih. Kenapa tim motogp sekelas Honda dan Suzuki tertarik merekrut pembalap moto2 yang baru 1 musim dan tanpa kemenangan? Mir punya bakat besar dan potensi besar.

Potensi yang berasal dari gaya adaptifnya. Dia mudah sekali beradaptasi dengan tunggangannya. Jadi tak perlu lama untuk menyesuaikan diri menjadi cepat dengan motornya. Itu semua karena didikan mental dan bakat alaminya. Joan mir memang kurang dalam intesifitas pendidikan balapnya, namun itu ditutupi dengan bakat alaminya. Itulah kenapa dia tidak dilirik oleh sponsor. Joan bukan pembalap dari sekolah balap terkenal. Namun justru itulah yang menjadi kelebihan Joan mir. Dia membalap tanpa dengan rujukan salah satu style balap.

Jika kita melihat gaya balap Joan Mir, dia seperti campuran beberapa pembalap. Sebut saja Rossi, Lorenzo, Dovi, bahkan marc marquez. Mudahnya beradaptasi karena Joan mir mudah mengenali tunggangannya, membaca karakter tunggangannya. Kemudian menyatu untuk berlomba. Jika anda melihat balapan motogp 2020 seri terakhir di sirkuit portimao Portugal, Mir memutuskan masuk Pit. Karena motornya memberikan feedback aneh setelah beberapa insiden tabrakan. Mir merasa asing dengan tunggangannya dan memilih tidak melanjutkan balapan. Itulah Joan Mir yang membalap dengan mengandalkan bakat alaminya. Namun umumnya seorang prodigy, bakat besar, mereka punya kelemahan yang sama. Mudah bosan dan hilang determinasi ketika merasa tidak ada tantangan lagi. (Bersambung di seri 3 )

*Penulis Deka Doni Kudo fans boy suzuki di edit oleh yudibatang.

About yudibatang 2663 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.