Perjalanan Joan Mir menjadi juara dunia motogp 2020

Perjalanan Joan Mir menjadi juara dunia

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 Melanjutkan artikel tentang Sejarah perjalanan Joan mir dari kecil hingga menjadi juara dunia motogp 2020, Sekarang menginjak kebagian yang ketiga. Yups,.. Perjalananan Joan mir menjadi juara dunia Motogp 2020.

Di artikel Perjalanan Joan Mir dari kecil hingga menjadi juara dunia bagian yang ke dua, disebutkan bahwa Joan Mir akhirnya diakui sebagai pembalap yang punya potensi besar ketika dia naik ke kelas moto2. Padahal Mir belum pernah menang sama sekali dan baru 3 bulan balapan di kelas medium motogp. Ada cerita menarik dibalik itu. Ketika Joan Mir membalap untuk tim marc VDS, manajernya si pak Pacho itu menawarkan ke team-team motogp.

perjalanan Joan Mir menjadi juara dunia

Ada dua tim yang tertarik yaitu Honda dan Suzuki. Alberto Puig yang sempat menolaknya 3 tahun yang lalu ingin merekrut Joan Mir sebagai pembalap honda. Dan Brivio yang ingin mencari pengganti Ianonne juga tertarik, membaca curiculum vitae Mir yang dibawa oleh pak Pacho. Awalnya, Joan Mir negosiasi dulu dengan honda. Team besar, duit gede, sponsor besar, performa motor jangan ditanya, pokoknya kelas wahid.

Joan Mir menjadi juara dunia

Namun dari negosiasi, Joan Mir memilih mundur. Tidak jelas kenapa Mir mundur. Tapi gossip dibelakangnya, ada beberapa poin yang mana membuat Mir menolak lamaran Puig. Yang pertama, Mir dikontrak Honda tapi belum tentu masuk ke team HRC. Bisa ditempatkan ke team satelite nya terlebih dulu. Dan yang kedua, ketika di HRC Marc Marquez tetap prioritas. Jadi Joan Mir adalah ban serep.

Sedangkan Brivio (Suzuki) menawarkan kesetaraan di team suzuki. Joan Mir dibebaskan bersaing dengan Alex Rins. Tentu dengan rambu-rambu persatuan team, bukan perpecahan. Ada hal menarik ketika Brivio memutuskan mengontrak Joan Mir. Padahal mengontrak pembalap yang baru 3 bulan balapan moto2, dan belum pernah menang untuk menjadi pembalap motogp merupakan perjudian besar dan sedikit tergesa-gesa. Setelah mempelajari CV (Curriculum Vitae atau riwayat pekerjaan) Joan Mir, brivio melakukan wawancara.

Perjalanan Joan Mir menjadi juara dunia
*Joan Mir bersama Brivio

Dan disaat wawancara itulah Brivio ” jatuh cinta ” terhadap Joan Mir. Bukan style balapnya, bukan prestasinya melainkan dari gaya omongan saat wawancara. Brivio mengatakan : Dari omongannya, saya tahu anak ini sangat spesial, dia punya ” clear mind “. Omongannya tidak mengada-ada, tidak dibuat2. Seperti otak yang disalurkan memakai lidah. Tidak ada kebohongan. Dia sangat termotivasi, dan sangat-sangat berkomitmen sambung Brivio.

Salah satu omongan Mir adalah : ” Jika saya membalap untuk honda, maka kemenangan akan terasa seperti sebuah kewajiban saja. Tapi jika saya melakukan kemenangan di Suzuki, maka saya akan menjadi legenda…. Seperti Kevin Schwantz…. Saya ingin bergabung dengan proyek anda” kata Mir Ke Brivio. Joan Mir memang seperti perjudian dengan resiko besar bagi brivio. Mir baru merasakan balapan level grandprix baru 56 seri. Sedangkan, katakanlah Maverick Vinales, ketika gabung dengan suzuki dia sudah balapan 68 seri. Jauh lagi dengan seorang Marc Marquez yang sebelum balap di kelas motogp sudah merasakan 78 balapan.

Perjalanan Joan Mir menjadi Juara dunia

Jadi, Joan Mir masuk kelas motogp memang dengan bekal kurang dalam hal pengalaman. Namun Joan mir menutupi semuanya dengan bakat alami, serta fokus dalam latihan. Diungkapkan oleh Lundberg dan Benson, Mir ketika tidak sedang membalap, selalu menyempatkan latihan dengan motocross. Benar-benar latihan, bukan untuk senang-senang. Tak segan-segan dia berguru ke Tomas Coma, pembalap motocross. Selain itu, Mir juga pergi ke Gym. Dan ada satu hal yang tak dilakukan oleh pembalap lainnya. Joan Mir juga berlatih Yoga dan meditasi. Agar badannya lebih fleksibel dan elastis, serta mengasah fokus pikirannya. “He has a really good training programme,” says Lundberg. “When he’s training on the bike in Palma, he tries the same that Marquez does in MotoGP now. On Friday or Saturday maybe he crashes five times to find the limit but it’s difficult to see him on the floor on Sunday. When Joan’s training he’s always trying to save the front closing, to save the high-side. He’s pushing on the limit his bikes – supermotos, motocross, every bike. This helps.”

Dari pengalaman kesulitan saat kecil dan semua aspek latihan, membuat Joan Mir terdidik menjadi “pembaca” motor yang sangat handal. Dia sangat menyatu dengan motornya. Sering sekali pete Benson dibilangin oleh Mir, ketika setingan motornya tidak optimal : Biarkan motornya seperti itu, tidak usah diubah. Aku sudah mengenal bahasanya (motor), besok aku akan membalap sebaik mungkin. Mir tidak menginginkan motor yang sampai detail mengikuti gayanya. Tapi Mir yang akan menyesuaikan dengan motornya, Adaptif. Selama bukan masalah yang besar, Mir tidak akan meminta motornya diubah.

Selain adaptif, Mir juga membawa mental sangat Pede, tapi komitmennya tinggi. Dia tidak takut bertarung dengan siapapun, kata Lundberg. Pernah saking pedenya, Mir bilang : di Assen aku akan menang mudah. Dan ketika beberapa lap akhir, dia membiarkan beberapa rider menyalipnya. Nanti di chicane terakhir aku akan menyalip mereka lagi, aku akan membuat show kemenangan. Tapi ternyata Mir terlalu pede dan dia membuat kesalahan, drop sampai urutan 10. Dan setelah itu dia berkomitmen : Saya TIDAK AKAN MENGULANGI KESALAHAN ITU LAGI!

Perjalanan Joan Mir menjadi juara dunia

Dan setelah kejadian itu Sampai akhir Agustus, Joan Mir tak terkalahkan. Dia berkomitmen untuk menang. Benson mengatakan bahwa Mir itu cepat mempelajari sesuatu, cepat menguasai, namun seperti halnya orang-orang prodigy, dia cepat bosan. Dia harus ada di orang-orang yang tepat untuk memberikan dukungan, serta tantangan baru. Kemenangan Mir di Suzuki terlalu cepat… Brivio merencanakan juara dunia Mir 2-3 tahun lagi. Tapi sekaranga sudah tercapai. Mir juga mengatakan bahwa juara dunia dengan motor yang berbeda-beda adalah sebuah tantangan menarik. Joan Mir akan segera mencari tantangan baru setelah 2022 nanti habis. Tergantung kelihaian Brivio untuk meyakinkan Mir, bahwa Suzuki adalah Rumahnya. ( Tamat )

*Penulis Deka Dhoni Kudo fans boy suzuki diedit oleh yudibatang

About yudibatang 2663 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.