Stater Engkol matik, Laki-laki saja kesulitan.. apalagi perempuan

stater engkol matik

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,… Sepeda motor yang di jual di Indonesia pada umumnya dibekali dua macam stater. Yaitu stater electrik dan stater manual. stater electrik cukup dengan menekan tombol stater dan stater manual harus mengengkol tuas stater secara manual menggunakan kaki. Ada juga beberapa sepeda motor yang dari pabrikannya yang memang tidak dibekali engkol stater. Khusus untuk motor matik dan vespa, cara menggunakan engkol staternya berbeda dengan motor sport dan motor bebek. Bila pengguna motor bebek dan motor sport elektrik staternya macet, mereka tidak perlu turun dari motor untuk mengengol stater. Sedangkan cara Menggunakan stater engkol matik, pengendara harus turun dari motor dulu dan harus memasang standar tengah dahulu. Baru bisa mengengkol stater manual.

Stater Engkol matik tidak diberi karet pelindung

Bicara starter engkol matik, jangankan perempuan. laki-laki saja kesulitan mengengkol motor matik kususnya matik yang sedang mengalami masalah dengan kelistrikan dan mesin. Dan starter engkol motor matik sekarang pijakannya sudah tidak dilapisi karet pelindung. Alias pijakannya langsung besi yang atos bin keras dengan diberi bentuk benjolan – benjolan mirip “polisi tidur” kecil.. Bila anda menggunakan stater engkol matik tanpa menggunakan alsas kaki (sepatu atau sandal), dijamin kaki sampean akan mlonyoh dan lecet. Apalagi pas lagi ngengkol kebawah terus kakinya kesrong,.. dan pijakan besi itu menghantam cekol bin mata kaki!! wis … sakitnya bukan main! dan sikile langsung dengklang wakakak… Nggak percaya? buktikan saja sendiri…he..he..

stater engkol matik

Dari dulu saya saya selalu penasaran dan bertanya-tanya dalam hati. Mengapa pabrikan memebrikan pijakan tuas engkol starter matik tidak dilapisi dengan karet pelindung ya?. Pada awalnya saya mengira itu salah satu cara untuk menghemat cost produksi. namun.. setelah merenung,.. berpikir sembari ngising dan udud,.. akhirnya saya menemukan jawaban yang paling rasional dan masuk akal.

stater engkol matik

yups,.. jawabannya agar sipemilik motor matik segera memperbaiki atau menyervis masalah yang ada pada motor matiknya. Bila motor sudah diservis dan part2 yang sudah rusak diganti baru. tentu pemilik motor matik tidak perlu lagi mengengkol motornya gara-gara elektrik starternya tidak berfungsi. masalah yang umum penyebab elektrik starter mati adalah masalah kelistrikan dan aki. Selain itu, masalah pada mesin seperti “hilang kompresi” dan lain-lain. jadiiii… Pabrikan sepeda motor sengaja mendesain tuas engkol manual seadanya dan tidak nyaman agar sipemilik motor matik “ngeh” atau care atau perduli dengan kondisi motor matiknya. Silahkan share pendapat anda. 😀

About yudibatang 2663 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.