Penyebab oli netes di mesin Yamaha R15 lawas

penyebab oli netes

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Dengan hadirnya tunggangan baru yaitu Yamaha R15v2 bekas, banyak ide-ide artikel baru yang akan saya tuliskan. Salah satunya adalh penyebab oli netes di crancase yamaha r15 lawas atau yamaha R15V2. Setelah sampai di Cirebon saya melakukan kegiatan seperti biasanya yaitu bekerja. dan pulang kerja saya kembali kekontrakan dan motor saya parkir di teras rumah kontrakan. nah.. keesokan harinya terlihat ada noda oli dibawah crancase motor. Waduh!! jangan-jangan ada masalah dengan mesin yamaha r15V2 milik saya. Guman saya dalam hati. Dugaan saya tetesan oli tersebut berasal dari karet seal tuas transmisi alias operan gigi.

Penyebab oli netes di mesin yamaha r15V2 berasal dari seal gear depan yang sudah rusak

Di hari Kamis saya sempatkan mampir ke mekanik langganan yaitu Bro Bapo pemilik bengkel bapo concept di daerah Pamijahan plumbon cirebon. Dulu bapo ini yang “ngoprek” vixion saya alias sikibaliyut hingga bisa lari sampai 150 km/jam. Setelah ketemu, salaman dan ngobrol-ngobrol, saya sampaikan keluhan pada motor saya Yamaha r15v2 kepada bapo. Kemudian bapo mengecek kondisi motor lalu mengambil kunci shock dan melepas cover gear depan. Masih penasaran,.. bapo lanjutkan melepas rantai dan gear depan. Terkuaklah probelm penyebab oli netes di crancase yamaha r15V2 ini. Menurut bapo penyebabnya bisa dari Seal gear depan dan packing atawa pearpack atawa gasget magnet yang berada diatas depan gear depan. bapo menyarankan saya membeli seal karet gear depan dan packing yamaha r15v2. Bila sudah dapat spare part tersebut, barulah Bapo bisa membongkar untuk memeriksa penyakitnya serta memperbaikinya. Pulang kerja saya sempatkan mampir di dealer yamaha Central cirebon yang terletak di jalan tuparev.

yamaha central Cirebon

Ternyata part yang mau saya beli stocknya kosong dan harus indent dulu. Saya sudah tau kinerja bengkel resmi yamaha khususnya bagian spare partnya. Indent spare part 3 – 4 hari barang pasti datang dan sayapun memesan part tersebut. Perkiraan part baru sampai pada hari sabtu siang sedangkan sabtu pagi rencana motor mau saya bawa pulang ke batang. Hhmm… malamnya kepikiran gak bisa tidur.. waduh gimana nih? khawatirnya kalau motor belum diperbaiki dan dibawa riding jauh kebatang, akan mengalami masalah di jalan. keesokan harinya saya hunting part tersebut ditempat lain. mulai dari toko spare part besar di cirebon saya sambangi hinggan ke bengkel resmi yamaha yang lain saya datangi. hasilnaya tetap sama.. part Seal gear depan yamaha r15v2 stocknya kosong.

Penyebab oli netes di mesin

Namun bagian service advisor dealer yamaha Plumbon Cirebon memeberikan info yang berguna. Bahwa part seal gear depan yamaha r15v2 itu sama dengan part keluarga vixion, jupiter mX, Jupiter Z hingga yamaha Vega. Wah,.. kalau gitu sih asik, bisa substitsi part dengan motor yamaha lain. Saya lanjut perjalanan menuju tempat kerja sekalian hunting part di bengkel pinggir jalan. Ternyata malah dapat Part Seal gear depan KW buat Yamaha jupiter/Vega di bengkel kecil pinggir jalan daerah Jamblang.

Penyebab oli netes di mesin yamaha R15V2

Sehabis jumatan saya menuju ke bengkel bapo dan membawa part Seal gear depan, gasket/packing magnet plus filter oli. Bias sekalian jalan. Sampai dibengkel, Bapo yang owner bengkel tersebut langsung menangani motor saya. Bapo mulai membuka crancase samping kiri. Setelah dibuka, ternyata gasket bawaan R15V2 bukan terbuat dari kertas. melainkan terbuat dari plat baja!! busyet!! ini gasket racing bro!! bukan kaleng-kaleng!! Bapo menyarankan gasket tidak usah diganti yang baru yang terbuat dari kertas. melainkan tetap memakai gasket bawaan r15 yang menurut Bapo kualitasnya jauh lebih kuat. Hhmm… saya jadi teringat kasus air radiator meler di sebuah sepeda motor produk baru. Mungkin karena gasketnya terbuat dari kertas sedangkan kompresi mesin produk tersebut sudah sangat tinggi dibanding kompresi motor yang sekelas. ..Entahlah..

Gasket/packing magnet bawaan Yamaha R15V2 terbuat dari plat Baja.

Selanjutnya Bapo melepas seal gear depan yang ternyata jadi penyebab oli netes yamaha R15V2 ini. Cara membukanya ternyata gampang,.. cuman di congkel pakai obeng. yah,.. itulah ilmu, kita harus mengharagai keahlian mekanik yang telah mereka pelajari selama bertahun-tahun. ternyata seal gear depan pada motor r15 milik saya ini sudah rusak dan menjadi penyebab oli netes di mesin. Selesai dipasang, kemudian buka baut penutup oli dibawah serta sekalian lepas filter oli.

penyebab oli netes di mesin yamaha r15 V2

penyebab oli netes dimesin yamaha r15v2

Ternyata Olinya sudah hitam pekat plus filter olinya sudah kotor sekali. Setelah baut pembuangan oli dan filter oli dipasang, Oli baru dimasukan kedalam mesin. Pekerjaaan selesai,… putar kunci kontak dan tes nyalakan mesin. Gas digeber-geber oleh Bro bapo. menurut Bro bapo, motor ini sudah lama sekali nggak diservis. Hhmm,.. padahal menurut saya sudah mendingan setelah olinya diganti daripada sebelumnya. Hehe.. semua memang harus diserahkan pada ahlinya,.. hehe..

About yudibatang 2672 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

4 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Jalan tembus Bulakamba - Tegal, bebas dr kemacetan kota Brebes & Tegal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.