Nyawang motor sambil ngopi, bisa berguna untuk menemukan kekurangan motor

nyawang motor sambil ngopi
nyawang motor sambil ngopi dan udud

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 ,.. Secara umum, orang bisa memiliki sepeda motor karena ada dua cara. Yang pertama memiliki motor karena di belikan. Entah itu dibelikan orang tua, dibelikan saudara dan lain -lain. dan yang kedua adalah memiliki motor karena membeli sendiri dari hasil jerih payah sendiri. Dari dua cara memiliki motor tersebut, cara yang kedua yang paling berkesan. Apalagi bila eorang tersebut dulunya tidak pernah kesampaian memiliki motor. Rasa dan perlakuan terhadap motorpun akan berbeda. Biasanya seseorang yang memilki sepeda motor dengan hasil jerih payah sendiri, kadang lebih menyatu dengan motornya. Dan ada cara unik untuk mengecek kondisi motor sendiri. Yups,.. nyawang motor sambil ngopi dan udud. he.. he..

makanan dan minuman sahabat biker

Nah,.. orang yang memiliki sepeda motor hasil jerih payah sendiri, biasanya akan lebih menyayangi motornya. Pernah saya main ke tempat teman di daerah cirebon. Disitu ada bergejil yang lagi nyemproti sela-sela velk motornya sambil membersihkan dengan kain lap. Padahal motornya cuman bekakas alias motor bekas supra bapak. Saya berguman dalam hati “Mungkin itu motor hasil jerih payah sendiri”. Kalau saya sendiri seringnya pas pagi – pagi bangun tidur sudah nyawang motor sambil ngopi. Saat duduk, ngopi dan ngerokok sambil nyawang motor atau memandang mandang dan mengamati setiap detail motor.

Nyawang motor sambil ngopi , sepela tapi berguna

Kelihatannya sepele, tapi dari hal seperti itu tanpa kita sadari inilah cara mengecek kondisi motor kesayangan. Contoh Saat memandang dan mengamati bagian ban,… tak sengaja jadi mengecek kondisi motor bagian ban yang ternyata kondisi bannya sudah alus.  “wah bannya sudah alus…sudah minta ganti nih”.” eits tutup pentil ilang ada yang ngembat rupanya” 

Kemudian saat kita memandangi dan mengamati bagian rantai. Tak sengaja jadi mengecek kondisi motor bagian rantai yang ternyata kondisi rantainya sudah kendor dan kering.  “hhmmm… rantainya kurang kenceng dikit..

nyawang motor sambil ngopi

Bila kita sering mengecek kondisi motor kesayangann, kitapun akan berusaha membuat motor kita tetap dalam kondisi prima. Dan bila kita benar-benar tau kondisi fisik motor kita, Saat kita mengendarai motorpun hati lebih terasa mantab. Mau membawa motor dengan kenceng juga terasa mantab tidak was-was. Tapi pas kita tau kondisi motor kita ada sesuatu yang kurang, kita akan lebih berhati-hati dan waspada saat mengendarai motor kita. Contohnya kalo kita tahu ban motor kita tambalannya lebih dari tiga, kita akan berpikir 7 kali kalau mau membawa motor dengan kecepatan tinggi. Kelihatannya sih sepele… tapi cara mengecek kondisi motor sendiri seperti ini membuat motor selalu “ON FIRE”.

Semoga berguna

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.